mom-life

Tips agar Bunda dan Keluarga Tetap Bugar Saat Berpuasa

Yuni Ayu Amida Minggu, 19 May 2019 03:00 WIB
Tips agar Bunda dan Keluarga Tetap Bugar Saat Berpuasa
Jakarta - Saat berpuasa, mungkin aktivitas sehari-hari kita jadi lebih terbatas ya, Bun. Tapi, bukan berarti kita malah lesu. Berikut ini tips dari ahli agar tubuh tetap bugar selama puasa Ramadhan.


Spesialis gizi klinis dr.Diana F. Suganda, M.Kes., Sp.GK., menegaskan, pada saat kita puasa, jumlah asupan kalori harus tetap sama. Perbedaannya hanya jam makan yang diatur.

"Yang kita butuh 1500 tetap 1500, cuma jam makan yang dibedakan, jumlah kalori sama, tetap dengan gizi seimbang," tutur Diana saat mengisi acara di Jakarta, baru-baru ini.


Kemudian, kita tidak boleh melewatkan waktu makan. Kadang ada yang sampai tidak sahur, atau terlalu banyak makan saat berbuka. Nah, kata Diana ini tidak baik, nutrisi tubuh jadinya tak seimbang. Selain itu, makan sahur pun mesti diatur nutrisinya.

"Saran saya, saat sahur bisa pakai karbohidrat yang komplek, sehingga serat dicerna lebih lambat, jadi energi lebih lama. Kurangi lemak tinggi, jadi pas sahur jangan gorengan, atau santan, karena lemak paling terakhir dicerna jadi bikin kita kembung, begah, enggak enak," paparnya.

[Gambas:Instagram]


Sebaliknya, Diana menyarankan, menu sahur pilihlah yang berkuah, bening, dan tidak terlalu tinggi lemak, agar tubuh menyerap zat lebih mudah. Kebutuhan cairan pun terbantu.

Selain itu, kurangi teh dan kopi ya, Bun. Karena mengandung kafein yang sifatnya diuretik, yang justru menyebabkan tubuh kekurangan cairan karena selalu ingin buang air kecil. Efek lebih jauhnya bisa dehidrasi.

Sementara saat berbuka, Diana menganjurkan untuk makan makanan yang cepat menaikkan gula darah. Karena setelah puasa seharian, gula darah pasti sangat turun.

"Nah, cari yang cepat menaikkan gula darah, kayak kurma, buah, atau bikin smoothies, jadi jangan gorengan. Hati-hati, kalau buka (puasa) dikasih lemak tinggi, nanti sulit dicerna," ucap Diana.


Tapi, kunci paling utama agar puasa tetap bugar adalah tetap melakukan aktivitas fisik, yakni olahraga. Diana bilang, saat puasa pilihlah olahraga yang aman dan ringan, yang penting jangan sampai tidak olahraga.

"Kalau buka jam enam, bisa jalan sore dari jam lima, enggak terlalu panas. Jadi, enggak terlalu haus juga, atau bisa olahraga malam, habis buka habis tarawih, olahraga. Enggak usah yang berat, yang penting gerak," tutupnya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi