moms-life

Pandangan Islam Mengenai Mandi untuk Menyegarkan Tubuh Saat Puasa

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 23 May 2019 14:29 WIB
Pandangan Islam Mengenai Mandi untuk Menyegarkan Tubuh Saat Puasa
Jakarta - Menjalankan puasa Ramadhan di tengah cuaca terik akan dihadapkan dengan banyak godaan. Salah satunya, ingin minum atau menyegarkan diri secara berulang-ulang.

Salah satu yang biasanya bisa dilakukan yakni mandi air dingin di siang bolong ya, Bun. Tapi sebenarnya, hal ini bisa membatalkan puasa enggak sih?


Melansir Islamweb, orang yang berpuasa diperbolehkan mandi pada waktu tertentu selama puasa. Tapi ada beberapa ulama memiliki pandangan berbeda, Bun. Menurut mereka, aktivitas tersebut tidak disukai tetapi tidak ada pakar yang mengeluarkan terkait fatwa larangan tersebut.


Meski demikian, mayoritas ulama berpandangan bahwa hal tersebut diperbolehkan bagi orang yang berpuasa apakah itu mandi wajib atau opsional.

Ibnu Qudaamah dalam kitab Al Mughni 3/18 mengatakan, tidaklah salah bagi orang yang berpuasa melakukan ritual mandi. Dia mengutip sebagai bukti bahwa ada laporan yang diriwayatkan Al Bukhaari (1926) dan Muslim (1109) dari 'Aa'ishah dan Umm Salamah, bahwa ketika subuh akan datang dan Rasulullah dalam keadaan junub (dalam keadaan tidak suci) mengikuti hubungan intim dengan istrinya, dan dia akan melakukan mandi junub kemudian puasa.

Abu Daud (2365) pun meriwayatkan bahwa salah satu sahabat Nabi mengatakan: Saya melihat Rasulullah menuangkan air di kepalanya ketika dia puasa, karena haus atau panas (HR Abu Daud).

Pandangan Islam Mengenai Mandi untuk Menyegarkan Tubuh Saat PuasaMandi saat puasa/ Foto: iStock

Mandi memang dapat menyegarkan tubuh, apalagi saat puasa. Selain membuat tubuh jadi lebih segar, mandi air dingin juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Melansir dari Womanshealthmag, sebuah studi kecil dari Virginia Commonwealth University menyatakan kalau mandi air dingin dapat membantu meringankan gejala depresi dengan mengirim implus saraf listrik ke otak. Menghasilkan efek yang mengangkat, semacam seperti versi yang lebih ringan dari terapi kejut listrik.

Sedangkan sebuah ulasan di Medical Daily menyebutkan, mandi air dingin merupakan salah satu cara paling alami untuk mempertahankan penampilan terutama tentang rambut dan kulit. Air dingin dapat membantu mengencangkan kutikula dan pori-pori kulit dan kulit kepala untuk mencegah kotoran masuk.


"Mandi air dingin atau suam-suam kuku dapat membantu kulit menjaga minyak alaminya. Ingat air dingin hanya untuk mengencangkan kulit karena menyempitkan aliran darah, tetapi tidak mengecilkan pori-pori. Sedangkan untuk perawatan rambut, air dingin dapat membuatnya tampak lebih bersinar, lebih kuat, dan lebih sehat dengan meratakan folikel rambut serta meningkatkan kemampuannya mencengkeram kulit kepala," ujar Jessica Krant, dokter kulit bersertifikat kepada The Huffington Post.

Simak juga cara melangsingkan tubuh dengan mengonsumsi yogurt seperti dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi