mom-life

3 Tips Menata Ulang Interior Rumah untuk Lebaran

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 02 Jun 2019 17:01 WIB
3 Tips Menata Ulang Interior Rumah untuk Lebaran
Jakarta - Lebaran sebentar lagi. Beberapa Bunda ada yang semangat menata ulang beberapa ruangan di rumah supaya memesona ketika Lebaran. Namun, Bunda juga perlu jeli ya dalam menata kembali ruangan di rumah.

Terkait hal ini, desainer interior Ramandhika Rizky Putranto yang biasa disapa Dhika mengatakan, dekorasi Lebaran pasti mempunyai ciri khas masing-masing dari setiap keluarga. Dekorasi Lebaran pun memang lebih sederhana dibanding dekorasi Hari Raya lainnya.

"Dekorasi Lebaran menjadi sederhana karena hanya berfokus pada titik-titik tertentu dalam rumah. Contohnya penempatan bunga segar di atas meja buffet untuk kesegaran bagi tamu yang berkunjung," tutur Dhika, saat berbincang dengan HaiBunda.



Nah, jika Bunda hendak menata ulang interior di rumah, saran Dhika, sebaiknya dilihat kembali kebutuhan saat Lebaran. Kalau saat berlebaran Bunda dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah, sebaiknya tidak perlu terlalu heboh.

3 Tips Menata Ulang Interior Rumah untuk LebaranFoto: Dok. Architectural Digest/Douglas Friedman
"Cukup misalnya menambahkan tanaman-tanaman kecil atau menghias meja dengan kue-kue Lebaran. Namun, apabila orang ini jadi tuan rumah, mungkin ada beberapa hal yang perlu disiapkan," kata Dhika.

Ada tiga persiapan yang penting perlu Bunda lakukan, yaitu:


1. Tinjau kembali layout rumah kita, apakah akan memudahkan orang dalam berlalu lalang serta melakukan berbagai macam aktivitas seperti makan dan ngobrol. Jika kondisi rumahnya seperti itu, Bunda bisa mencari denah ruangan dengan referensi rumah bertipe open-plan.

2. Untuk menambah suasana berbeda, Bunda dapat menambahkan beragam dekorasi Lebaran yang menjadi ciri khas keluarga. Contohnya penambahan bunga segar atau mengganti ragam tekstil di rumah yakni gorden, sarung bantal, dan taplak meja.

3. Jangan lupa memastikan ruangan tetap bersih dan enak dipandang. Apabila dianggap perlu mengganti nuansa baru, jangan ragu untuk mengecat ulang rumah.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi