mom-life

Bikin Terenyuh, Permintaan Terakhir SBY Sebelum Bu Ani Disemayamkan

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 01 Jun 2019 18:31 WIB
Bikin Terenyuh, Permintaan Terakhir SBY Sebelum Bu Ani Disemayamkan
Jakarta - Suami mana yang tak merasakan duka mendalam setelah kepergian sang istri untuk selama-lamanya. Hal ini juga yang dialami presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah sang istri, Ani Yudhoyono meninggal dunia hari ini.

Rencananya, jenazah wanita bernama lengkap Kristiani Herrawati itu akan diberangkatkan ke Jakarta pada esok pagi dan dimakamkan di TMP Kalibata selepas Zuhur. Rupanya, SBY punya permintaan sebelum sang istri disemayamkan.

Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan jenazah akan disemayamkan di KBRI Singapura sebelum diterbangkan ke Tanah Air pada Minggu (2/6) besok. Kata Hinca, alasan jenazah disemayamkan di KBRI terlebih dahulu adalah SBY tidak ingin terburu-buru dan perlu persiapan matang.




"Yang membuat kami sangat terpukul tadi Pak SBY minta satu hal, setelah selesai dimandikan dan dimasukkan ke peti jenazah, dia ingin mencium sekali lagi, itu berkali-kali tadi disampaikan, baik di dalam waktu pada saat rapat, tentulah itu kami siapkan," ujarnya dilansir detikcom.

Foto: Instagram
Memang tak mudah menerima kepergian pasangan terlebih yang sudah mendampingi kita bertahun-tahun. Kesedihan mendalam pasti dialami suami atau istri setelah pasangannya pergi untuk selama-lamanya. Dikutip dari National Institute of Aging, meninggalnya pasangan memang bisa bikin hidup seseorang berubah.

Perasaan bersalah, marah, kesedihan mendalam, dan berduka bisa dialami. Berapa lamanya? Tergantung dari masing-masing individu dan lingkungan. Jika keluarga, kerabat, dan orang di sekitar selalu mendukung dan memperhatikan yang bersangkutan, tahapan berduka akan semakin singkat ia lewati.



Duka kehilangan orang tercinta bisa berdampak pada sulit tidur, kurang nafsu makan, sulit konsentrasi, dan lama dalam mengambil keputusan. Nah, agar kesedihan yang dirasa tak terlalu berdampak pada kehidupan seseorang, diharapkan meski sedang berduka, dia bisa:

1. Tetap memperhatikan asupan makanan dan pastikan mendapat istirahat cukup
2. Berbagi dengan orang terdekat yang peduli supaya merasa lebih lega
3. Ingat bahwa anak-anak juga berduka. Sehingga, Anda perlu fokus pada anak
4. Jangan sungkan meminta bantuan profesional
5. Tetap memperhatikan kesejahteraan diri.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi