parenting

Ungkapan Haru Almira untuk Mendiang Sang Nenek, Ani Yudhoyono

Asri Ediyati Sabtu, 01 Jun 2019 15:29 WIB
Ungkapan Haru Almira untuk Mendiang Sang Nenek, Ani Yudhoyono
Jakarta - Ani Yudhoyono tutup usia pada Sabtu (1/6/2019) di Singapura pukul 11.50 waktu setempat. Diketahui, Ani sudah menjalani perawatan intensif sejak 2 Februari 2019 di NUH, Singapura. Ketika mengantar Ani pertama kali berobat, semua keluarga hadir tak terkecuali cucu pertamanya, Almira Tunggadewi Yudhoyono yang akrab disapa Aira.

Aira pun sempat mengunggah foto bersama Memo (panggilan Ani Yudhoyono di keluarga) saat berobat. Aira memberikan doa kesembuhan untuk Memonya. Kini, Aira mengunggah kembali foto bersama mendiang Ani. Sebuah foto kenangan saat Aira ikut berpakaian resmi (kebaya) seperti Memo. Di keterangan foto, Aira merasa sangat kehilangan sosok nenek yang begitu menyayanginya.


"Rest in Peace Memo, thank you for always being there for me. I love you so much and I will miss you forever," tulis Aira di akun Instagram-nya.


Kedekatan Aira dan Ani Yudhoyono tak diragukan lagi. Selain sebagai cucu perempuan pertama, Aira juga lahir di momen yang membahagiakan bagi Ani dan SBY yakni saat upacara kemerdekaan RI tahun 2008. Ani pun yang menggendong Aira sepulangnya dari rumah sakit hingga diantar ke istana negara.

[Gambas:Instagram]


Bicara kondisi psikologis cucu saat neneknya meninggal. Marcia Morris, M.D, psikiatri dari University of Florida mengatakan, setiap cucu memiliki pandangan berbeda saat ditinggalkan oleh kakek atau nenek. Ada yang merasa sedih atau marah dengan kepergiannya, namun tidak sedikit juga yang merasa lega.

"Banyak kakek atau nenek yang meninggal setelah berjuang melawan penyakit. Itulah mengapa cucu merasa lega karena akhirnya sang kakek atau nenek tidak perlu lagi melawan rasa sakitnya," ujar Morris, dikutip dari Psychology Today.

Selain itu, tidak jarang banyak anak tumbuh dekat dengan kakek atau neneknya. Penelitian menunjukkan bahwa kakek dan nenek dapat menjadi pendukung utama ketika ada gangguan keluarga. Selain itu, mereka juga sering menjadi panutan dan mentor bagi generasi muda.

"Kakek dan nenek adalah sosok yang sering dilihat oleh anak sebagai penghilang stres yang mendukung ketika ada masalah dalam keluarga," ujar Profesor Stephen F Duncan, dilansir Forever Family.


Kabar terkini tentang kepergian Ani Yudhoyono, dikutip dari detikcom, Ani akan disalatkan dan disemayamkan di Cikeas. Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, akan diterbangkan ke Tanah Air besok.

"Insyaallah esok hari pada pukul 07.00 pagi waktu Singapura, jenazah akan diberangkat menuju ke Tanah Air. Dan akan disemayamkan di rumah duka di Cikeas. Insyaallah di sana kita akan salatkan jenazah," kata besan SBY, Hatta Rajasa, di NUH Singapura.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi