mom-life

Keuntungan Sesekali Tak Pakai Makeup Seperti Kareena Kapoor

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 11 Jun 2019 18:05 WIB
Keuntungan Sesekali Tak Pakai Makeup Seperti Kareena Kapoor
Jakarta - Makeup lekat banget dengan keseharian wanita. Terlebih kalau yang bersangkutan adalah publik figur. Tapi, kalau sesekali tampil tanpa makeup seperti bintang Bollywood Kareena Kapoor pun enggak masalah. Hanya saja, ketika tersebar foto ibu satu anak ini dengan wajah polos tanpa makeup, dia malah dinyinyiri kelihatan lebih tua.

Public figure tanah air pun sejatinya ada yang tak keberatan mengunggah fotonya tanpa makeup, misalnya Alice Norin dan Soimah. Kalau Bunda gimana? Apakah setiap hari sudah pasti memakai makeup meski enggak ada kegiatan? Sebenarnya, Bun, sesekali tampil tanpa makeup menguntungkan lho.




Disampaikan dermatolog Dr.Jessica Krant, memakai banyak lapisan produk makeup setiap hari berarti kulit kita menyerap bahan di dalam produk tersebut tiap hari. Berapa banyak dan apa bahan tersebut, kata Krant bervariasi pada tiap orang.

"Kabar baiknya, umumnya kita mengenakan makeup hanya di wajah. Artinya, enggak terlalu banyak bagian tubuh yang menyerap bahan makeup tersebut. Dan di sore atau malam harinya pasti kita hapus makeup tersebut," kata Krant, dilansir She Knows.

Lantas, apa yang terjadi jika sesekali wanita tak memakai makeup? Krant sendiri pernah melakukan percobaan selama seminggu, dia tak pakai makeup yakni foundation, Bun. Hasilnya, menurut Krant, jerawatnya berkurang.

"Saat stop pakai makeup, saya juga tidak mengalami ruam yang mungkin saja akibat iritasi dari bahan produk makeup," tambahnya.

Ia mengibaratkan, ketika sesekali wanita enggak pakai makeup, kulit seperti diberi kesempatan bernapas. Ya, karena kulit tak menyerap berbagai produk dan ini baik untuk kesehatan kulit, Bun.

Dilansir detikcom, ada trik yang bisa Bunda terapkan saat membersihkan makeup agar hasilnya bersih maksimal.

1. Lebih hati-hati di area mata

Kulit di sekitar mata paling tipis ketimbang kulit di bagian wajah lainnya. Itulah sebabnya mata lebih rentan iritasi dan mengalami peradangan seperti mata berkantung, merah-merah atau ada lingkaran gelap. Pilihlah makeup remover yang bebas parfum dan alkohol.

Tuangkan dua hingga tiga tetes makeup remover di kapas, lalu tempelkan dan tahan pada area mata selama 20 sampai 30 detik, kemudian usap. Bunda cukup menyapukan kapas dua hingga tiga kali agar mata tidak terlalu banyak kena gesekan dan iritasi bisa diminimalisir.


2. Gunakan pembersih khusus kosmetik waterproof

Kosmetik waterproof atau tahan air biasanya memiliki pigmen dan konsistensi formula yang lebih tinggi. Makanya, Bunda juga perlu makeup remover dengan kekuatan membersihkan yang bagus. Pembersih makeup waterproof paling ideal adalah yang berbahan dasar minyak.

Keuntungan Sesekali Tak Pakai Makeup Seperti Kareena KapoorFoto: Freepik
Tapi perlu diingat, pembersih makeup berbasis minyak bisa meninggalkan residu minyak di permukaan kulit meskipun telah diserap dengan kapas atau tisu. Selain itu juga bisa menghalangi pori-pori kulit untuk menyerap produk perawatan lainnya seperti krim mata, serum atau pelembab. Oleh karena itu, selalu lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan facial foam untuk menghilangkan residu minyak.

3. Tuntaskan dengan toner

Setelah membersihkan makeup dan mencuci wajah, gunakan toner untuk mengangkat sisa makeup dan makeup remover secara tuntas. Pilih toner sesuai jenis kulit. Toner berbahan chamomile berfungsi melembapkan kulit kering, sementara yang berbahan tea tree oil cocok untuk kulit berminyak.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi