sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Alami dan Rumahan Atasi Komedo Berlebih

Asri Ediyati Selasa, 30 Apr 2019 18:02 WIB
Kini banyak orang kembali melakukan perawatan kulit secara alami dan rumahan. Yuk, simak cara mengatasi komedo berlebih. caption
Jakarta - Zaman boleh serba canggih namun kini banyak orang yang kembali melakukan perawatan kulit secara alami. Apalagi sekarang banyak skincare berbasis organik dan ramah lingkungan ya, Bun.

Bicara soal kulit, permasalahan umum sebagian wanita yang tinggal di daerah tropis adalah warna kulit tak merata (uneven skin tone), kulit kusam, produksi minyak dan komedo berlebih. Kali ini HaiBunda membahas tentang cara alami dan rumahan mengatasi komedo berlebih.


Apa itu komedo? Menurut dr.Paul Jarrod Frank, dokter spesialis kulit kosmetik, komedo terjadi karena adanya penumpukan sekresi minyak di pori-pori. Jika terakumulasi dengan kotoran dari luar, kulit mati dan bakteri maka jadilah jerawat.


"Penyumbatan pori-pori disebabkan multifaktor, meskipun banyak yang bilang karena kebersihan wajah yang kurang, pola makan, dan stres. Akan tetapi juga bisa karena hormon," ujar Frank dikutip dari Insider.

Nah, jika Bunda merasa memiliki komedo berlebih, yuk coba empat cara alami dan rumahan seperti dilansir Brightside.

1. Buah lemon, madu dan gula

Potong buah lemon menjadi dua, tuangkan madu. Kemudian taburkan dua jumput gula pasir. Lalu, pijat perlahan di daerah yang berkomedo. Buah lemon, madu, dan gula tadi berfungsi sebagai spons natural. Prosedur ini hanya boleh dilakukan satu kali dalam seminggu.

2. Minyak kelapa dan minyak esensial

Dalam stoples, cairkan 1/4 cangkir minyak kelapa padat. Kemudian campurkan minyak kelapa dengan 10 tetes minyak lemon, lavender, dan tea tree, dan aduk hingga rata. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya pada kulit di pagi dan sore hari setelah mencuci wajah. Campuran tadi bisa disimpan dalam toples tertutup pada suhu kamar.

4 Cara Alami dan Rumahan Atasi Komedo BerlebihFoto: Thinkstock
3. Minyak kelapa dan bubuk kopi

Campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi segar. Gunakan dengan segera, dan pijat wajah Bunda dengan lembut dengan gerakan memutar. Setelah menggosok, biarkan campuran di wajah selama 5 menit, lalu gunakan air dingin untuk mencucinya sampai bersih.

Ulangi prosedur ini seminggu sekali. Jika campuran yang tersisa bisa disimpan ke dalam kaleng muffin atau nampan es batu dan masukkan ke dalam freezer.

4. Oatmeal, yoghurt, madu, dan minyak zaitun

Masukkan 1/4 cangkir oatmeal, 2 sendok teh yoghurt, 2 sendok teh madu, dan 2 sendok teh minyak zaitun ke dalam food processor, dan blender hingga tercampur rata. Oleskan campuran ini ke wajah yang bersih, gosok dengan gerakan memutar selama 1-2 menit. Lalu basuh dengan air hangat.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi