moms-life

Bunda, Ketahui Trik Jadi Pebisnis Sukses seperti Bos Louis Vuitton

Maya Sofia Minggu, 21 Jul 2019 10:54 WIB
Bunda, Ketahui Trik Jadi Pebisnis Sukses seperti Bos Louis Vuitton
Jakarta - Bos dan CEO Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) Bernard Arnault, baru-baru ini dinobatkan sebagai orang terkaya kedua di dunia berdasarkan Bloomberg Billionaires Index. Mengutip CNN Indonesia, Bernard menggeser pendiri Microsoft Bill Gates dari posisi dua ke posisi ketiga.

Untuk diketahui, Bun, Bernard memiliki kekayaan bersih sekitar US$108 miliar, setelah menambahkan US$39 miliar untuk kekayaannya pada tahun lalu. Sementara, kekayaan Bill Gates bernilai US$107 miliar.

Pria bernama lengkap Bernard Jean Etienne Arnault ini lahir di Roubaix, Prancis, pada 5 Maret 1949. Ayahnya, Jean Leon Arnault berkerja di bidang perakitan dan pemilik Ferret Savinel.


Bernard mengenyam pendidikan teknik dan lulus pada 1971. Setelah lulus, Bernard bergabung dengan perusahaan sang ayah.

Pada 1976, dia meyakinkan ayahnya untuk melikuidasi divisi konstruksi dan mengubah fokus perusahaan menjadi real estat. Bernard kemudian diangkat menjadi direktur pengembangan perusahaan pada 1974.

Tiga tahun kemudian, dia didapuk sebagai CEO perusahaan dan pada 1979, Bernard menggantikan ayahnya sebagai presiden perusahaan.

Bunda, Ketahui Trik Jadi Pebisnis Sukses seperti Bos Louis Vuitton Bernard Arnault (tengah). Foto: Dok. Getty Images
Pada 1984, Bernard terjun ke bisnis barang mewah dengan mengakuisisi grup perusahaan yang menaungi Christian Dior, Boussac Saint Freres. Selain Dior, perusahaan tersebut juga memiliki departement store Le Bon Marche.

Empat tahun kemudian, dia membeli saham besar di LVMH. Berbicara soal kesuksesan LVMH, Bernard mengatakan bahwa LVMH dibangun atas dasar kreativitas, kualitas, kewirausahaan dan paling penting, visi jangka panjang.

Ia pun bercerita saat mengunjungi Beijing, China, pada 1991. Ketika itu, tak ada gedung tinggi dan hanya ada sepeda lalu lalang. Namun hal itu tak mengurungkan niatnya membuka toko Louis Vuitton pertama mereka di China.

"Saat ini, Louis Vuitton adalah merek mewah nomor satu di negeri ini (China) dan di seluruh dunia," ujarnya, dikutip dari Forbes.

Salah satu kunci kesuksesan Bernard lainnya adalah kegigihan dan eksekusi. Menurutnya, Facebook saat ini bisa sukses karena eksekusi.

"Anda membutuhkan ide, tetapi idenya hanya 20 persen. Eksekusi adalah 80 persen," ujar pria yang mengagumi Warren Buffett ini.


Kepada anak muda, pria berusia 70 tahun tersebut memberikan nasihat sederhana.

"Saya akan mengatakan kepada anak muda yang mencoba bekerja di bidang startup, miliki ide, tetapi gigih dan jalankan dengan baik."

Bagi Bernard, kebahagiaan adalah bisa memimpin timnya ke puncak, baik dalam bisnis, olahraga, bahkan saat bermain musik. Menurutnya, uang hanyalah konsekuensi.

"Saya selalu berkata kepada tim, jangan terlalu khawatir dengan profit. Jika Anda melakukan pekerjaan dengan baik, profit akan datang," ucapnya.

Semoga tips dari Bernard ini bermanfaat bagi Bunda yang ingin memulai bisnis. Bunda juga bisa simak nih bagaimana cara mengubah hobi menjadi peluang bisnis dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi