mom-life

Perbedaan Manfaat AHA dan BHA untuk Merawat Kecantikan

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 05 Aug 2019 17:29 WIB
Perbedaan Manfaat AHA dan BHA untuk Merawat Kecantikan
Jakarta - Serupa tapi tak sama, Bun. AHA dan BHA yang banyak Bunda dengar, memang banyak dipakai dalam produk kecantikan. Keduanya dikenal dapat membantu mempercantik kulit dengan memerangi jerawat, menghilangkan bintik hitam, serta meminimalisir garis-garis halus.

Kenneth Howe, MD, seorang dokter kulit di Wexler Dermatology menjelaskan, AHA merupakan singkatan dari alpha-hydroxy acids. "AHA berasal dari tebu atau sumber tanaman lain. Itu sebabnya mereka sering disebut sebagai asam buah," kata Howe seperti dikutip dari laman Byrdie.

Mengenai manfaat, AHA sendiri memberikan manfaat baik untuk lapisan luar kulit (epidermis) dan lapisan dalam (dermis). Dalam epidermis, AHA memiliki efek eksfoliatif dan meningkatkan pengelupasan sel kulit mati yang tertahan di permukaan. AHA juga diketahui membantu merangsang produksi kolagen dimana dapat meminimalisir penampakan garis-garis halus.


Sementara BHA merupakan singkatan dari Beta-hyddroxy acids. BHA yang paling umum dan dikenal banyak orang yakni membantu memerangi jerawat melalui asam salisilat. Asam salisilat juga dikenal melawan bakateri dan digunakan mengobati kapalan dan area kulit kering.

Perbedaan Manfaat AHA dan BHA untuk merawat KecantikanManfaat AHA dan BHA/ Foto: iStock

Melansir Businessinsider, BHA sendiri bekerja dengan menghancurkan lem yang menyatukan sel-sel kulit Bunda, mendesak ke dalam sepanjang proses pelepasan kulit alami kulit. BHA kemudian menembus lebih dalam ke dalam kulit.

BHA juga sangat baik digunakan untuk kulit yang cenderung berjerawat dan memiliki masalah kulit lebih dalam karena BHA menembus lebih jauh ke dalam kulit. Apalagi, BHA turut berkontribusi membersihkan komedo dan memiliki sifat anti-inflamasi serta antibakteri.

Nah, sudah tahu kan bedanya, Bun. Semoga bermanfaat!

Simak juga manfaat air untuk kecantikan, seperti penjelasan berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi