mom-life

Berapa Sih Idealnya Bujet Angpao dari THR?

Muhayati Faridatun Jumat, 31 May 2019 07:58 WIB
Berapa Sih Idealnya Bujet Angpao dari THR?
Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Sebagian besar bunda pasti lagi sibuk-sibuknya mengatur pengeluaran dari Tunjangan Hari Raya (THR), termasuk bagi-bagi angpao.

Ya, apalagi kalau Bunda dari keluarga besar dan punya banyak keponakan. Harus pintar-pintar tuh membagi besaran angpao agar semua kebagian. Bagaimana ya?

"Bikin list yang simpel. Misal kita dari keluarga besar, kasih THR untuk 20 keponakan. Kita bikin daftarnya di (Microsoft) Excel," begitu saran financial planner syariah Putri Madarina, saat ngobrol dengan HaiBunda, beberapa waktu lalu.



Jadi, lanjut Putri, akan sangat membantu jika Bunda membuat daftarnya secara lengkap. Kalaupun tidak disimpan dalam format Excel, Bunda bisa membuatnya di buku catatan. Tapi, jangan sampai hilang lho.

"Tiap tahun tinggal lihat daftar aja. Apakah mau ditambah, dikurangi, atau sama, uangnya tinggal masukkan amplop. Sebenarnya itu berlaku untuk semua jenis pengeluaran saat lebaran," paparnya.

Berapa Sih Idealnya Budget Angpao dari THR?Ilustrasi bagi-bagi angpao Lebaran/ Foto: iStock
Lalu, berapa sih idealnya bujet untuk angpao yang diambil dari THR? "Idealnya sekitar 1 - 2 juta (rupiah), itu totalnya," tegas Putri.

Berbicara soal tradisi memberi angpao saat lebaran, seperti Bunda ketahui, ini merupakan adaptasi dari kebudayaan China. Lantas bagaimana ya kalau dilihat dari kacamata syariah?

"Enggak ada masalah karena itu sedekah. Menurut Islam, dengan bersedekah, kita akan mendapatkan mulai dari 10 sampai 700 kali lipat kebaikan," jelas perempuan kelahiran 30 tahun silam ini.


Yang terpenting dalam memberi angpao, Putri berpesan, Bunda harus melihat kemampuan keuangan keluarga, enggak memberatkan, dan pastinya menyesuaikan bujet.

Bunda, simak juga yuk tradisi mudik Lebaran keluarga Ria Enes, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi