moms-life

Faktor Pemicu Metastasis Kanker Seperti Dialami Ria Irawan

Annisa Karnesyia Minggu, 08 Sep 2019 08:30 WIB
Faktor Pemicu Metastasis Kanker Seperti Dialami Ria Irawan
Jakarta - Kabar tak mengenakan datang dari aktris senior Ria Irawan. Perempuan 50 tahun ini tengah menjalani perawatan karena kanker yang diidapnya mengalami metastatis.

Hal ini disampaikan sang kakak, Dewi Irawan. Ia mengatakan, sel kanker Ria telah mengalami metastase atau metastasis yang menjalar ke otak dan paru-paru.


"Iya itu metastase," kata Dewi, dikutip dari detikcom.


Sebelumnya, Ria memang pernah menjalani perawatan karena sakit kanker kelenjar getah bening atau limfoma. Pemain film Berbagi Suami itu juga sempat dinyatakan sembuh pada Maret lalu, Bun.

Bicara tentang metastase atau metastasis yang dialami Ria, peneliti dan professor Pharmaceutical Sciences di South Dakota State University, Xiangming Guan mengatakan, ini adalah proses penyebaran sel kanker ke beberapa organ tubuh. Penyebarannya melalui pembuluh darah dan pembuluh limfatik.

"Sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor primer, lalu berpindah melalui pembuluh darah dan pembuluh limfatik, kemudian menetap," kata Guan, dalam Publikasinya yang berjudul Cancer Metastases: Challenges and Opportunities, dilansir Science Direct.

Ria Irawan tengah dirawatRia Irawan tengah dirawat/ Foto: Instagram

Kini diketahui bahwa gen metastasis bisa dari respons stres yang secara fisiologis berkontribusi terhadap peradangan dan penyembuhan luka. Pengobatan yang sekarang dilakukan adalah kemoterapi, radiasi, dan penggunaan obat-obatan anti kanker.

Mengutip Canadian Cancer Society, semua kanker memang dapat menyebar, Bun. Metastasis kanker dapat berkembang beberapa tahun setelah kanker primer (kanker pertama) didiagnosis. Terkadang kanker ini sudah menyebar ketika didiagnosis.

Seseorang yang didiagnosis kanker mungkin tidak akan mengalami metastasis. Penyebaran metastasis kanker bisa tergantung dari beberapa faktor, yaitu:

1. Jenis kanker

2. Tingkat dari kanker primernya

3. Ukuran dan lokasi kanker primer

4. Seberapa baik pengobatan kanker yang sedang atau sudah dijalani

5. Berapa lama kanker primer menetap dalam tubuh seseorang

Perihal kondisi terkini Ria Irawan, Bunda bisa simak video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi