mom-life

Bunda, Kenali Gejala Umum Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules

Muhayati Faridatun Rabu, 19 Jun 2019 15:31 WIB
Bunda, Kenali Gejala Umum Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules
Jakarta - Kabar kondisi Agung Hercules yang mengidap kanker otak begitu mengejutkan publik. Seperti Bunda ketahui, aktor Epy Kusnandar pun pernah berjuang melawan tumor otak pada 2010 lalu.

Mengutip Mayo Clinic, tumor otak adalah massa atau pertumbuhan sel-se abnormal di otak. Beberapa tumor otak bersifat non-kanker (jinak) dan beberapa bersifat kanker (ganas).


Tumor ini bisa berawal di otak atau disebut tumor otak primer. Kanker juga bisa dimulai dari bagian tubuh lain, lalu menyebar ke otak, yang dikenal dengan tumor otak sekunder atau metastasis.


Dipaparkan dalam ulasan Brain Tumor tersebut, seberapa cepat pertumbuhan tumor otak sangat bervariasi, Bun. Disebutkan, tingkat pertumbuhan serta lokasi tumor otak menentukan bagaimana pengaruh terhadap fungsi sistem saraf pengidapnya.

Seperti yang dialami Agung Hercules, yakni glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM), termasuk dalam jenis kanker otak atau tumor ganas stadium 4 yang berada di otak. Pelantun lagu Astuti ini juga sempat mengalami gangguan ingatan.

"Glioblastoma bisa sangat sulit untuk ditangani karena beberapa sel dapat merespons baik pada terapi-terapi tertentu, namun beberapa bisa tak berefek sama sekali. Karena itu, perencanaan pengobatan bagi glioblastoma mungkin akan mengombinasikan beberapa pendekatan," demikian keterangan dalam situs resmi Asosiasi Tumor Otak Amerika Serikat.

Bunda, Kenali Gejala Umum Kanker Otak yang Diidap Agung HerculesAgung Hercules menjalani perawatan di RS/ Foto: Instagram/agunghercules88
Lantas seperti apa gejala umum seseorang mengidap tumor otak? Melansir dari Mayo Clinic, tanda dan gejala tumor otak sangat bervariasi dan tergantung pada ukuran, lokasi, dan laju pertumbuhan tumor otak. Berikut gejalanya:

1. Mengalami perubahan pola sakit kepala.

2. Sakit kepala bertahap menjadi lebih sering dan lebih parah.

3. Rasa mual atau muntah yang sulit dijelaskan.

4. Masalah penglihatan seperti pandangan kabur, penglihatan ganda, atau hilangnya penglihatan tepi.

5. Secara bertahap, hilangnya sensasi atau gerakan di lengan atau kaki.


6. Gangguan keseimbangan.

7. Kesulitan bicara.

8. Kebingungan dalam aktivitas sehari-hari.

9. Perubahan kepribadian atau perilaku.

10. Kejang, terutama seseorang yang tidak punya riwayat kejang.

11. Masalah pendengaran.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi