moms-life

Kata Menkes soal Metastasis Kanker yang Dialami Ria Irawan

Annisa Karnesyia Minggu, 08 Sep 2019 18:30 WIB
Kata Menkes soal Metastasis Kanker yang Dialami Ria Irawan
Jakarta - Sudah beberapa hari ini, aktris Ria Irawan dirawat karena metastasis kanker kelenjar getah bening yang diidapnya. Kanker diketahui telah menyebar ke anggota tubuh lain wanita 50 tahun ini.

Melihat kondisi Ria, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek turut mengungkapkan rasa prihatin. Ia juga menjelaskan perihal penyakit metastase kanker yang diidap Ria.


"Saya tentu sangat prihatin pada Ibu Ria, ternyata mendapatkan (kanker) metastasis yang saya dengar sudah ada di mana-mana," kata Nila, dikutip dari detikcom.


Nila mengungkapkan, penyakit kanker memang bisa bermetastase tanpa diketahui sebabnya. Padahal, Ria telah dinyatakan sembuh pada Maret lalu, Bun.

"Tidak dikenal istilah sembuh 100 persen untuk penyakit ini, yang ada adalah terkontrol dan memiliki peluang bertahan hidup dalam periode tertentu, biasanya dinyatakan dalam 'five years survival rate'," ujar Nila.

Proses penyembuhan kanker memang cukup rumit. Berbeda dengan penyakit lain, penyebab penyakit kanker tidak selalu diketahui.

"Seperti kepiting, kakinya satu dan akan menyebar ke mana-mana," tutur Nila.

Kata Menkes soal Metastasis Kanker yang Dialami Ria IrawanRia Irawan dan suami/ Foto: Palevi S/detikHOT
Metastase atau metastasis merupakan penyebaran kanker ke beberapa anggota tubuh melalui pembuluh darah dan sistem limfatik. Melansir dari Cancer Treatment Center of America, penanganan penyakit ini banyak yang bertujuan untuk memperlambat penyebaran, Bun.

Penanganan tergantung tipe kanker pertama kali muncul, besarnya, lokasi metastasis, dan beberapa faktor lain. Umumnya pengobatan dalam bentuk terapi sistematis atau obat-obatan yang diberikan dari mulut atau disuntikan dalam darah.

Dalam publikasi yang berjudul Cancer Metastases Challenges and Opportunities, penanganan metastasis kanker biasanya adalah kemoterapi dan radioterapi. Cara baru lainnya dengan menggunakan obat anti kanker.

"Obat anti kanker terutama antibodi untuk menghambat faktor pertumbuhan memilki efek pada metastasis kanker," terang Xiangming Guan, peneliti dan profesor Pharmaceutical Sciences di South Dakota State University, dilansir Science Direct.


Bunda, simak juga penjelasan dokter tentang ciri sariawan pertanda kanker mulut, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi