moms-life

Resep Putu Pesse, Camilan Khas Bugis Favorit BJ Habibie

Maya Sofia Kamis, 12 Sep 2019 11:59 WIB
Resep Putu Pesse, Camilan Khas Bugis Favorit BJ Habibie
Jakarta - Eyang Habibie. Begitulah Sang Teknokrat Indonesia itu kerap disapa. Kini BJ Habibie telah berpulang untuk selama-lamanya pada 11 September 2019.

Selain jasa dan karyanya, masyarakat mengenang Habibie sebagai sosok ramah dan murah senyum. Semasa hidupnya, pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, ini juga senang bercerita tentang berbagai hal, mulai dari pesawat R80 impiannya hingga hal sederhana seperti makanan favoritnya.

Sebagai pria Bugis, Habibie sangat senang menyantap makanan khas Sulawesi Selatan. Salah satu camilan favoritnya adalah Putu Pesse.


Melansir dari detikcom, Habibie sempat mengutarakan hal ini saat perjalanan dari Makassar ke Bandara Sultan Hasanuddin. Di dalam mobil, ia bertanya kepada Wakil Gubernur Sulawesi Selatan saat itu, Masnawi.

"Apakah masih ada kue Putu Pesse sekarang ini?" tanya Habibie yang dituliskan oleh Andi Makka dalam buku berjudul Habibie Totalitas Sang Teknosof.

Masnawi kaget mendengar pertanyaan Habibie karena camilan tersebut sudah sangat jarang ditemukan. Habibie lalu mengatakan bahwa ia menggemari kue Putu Pesse.

Nah bagi Bunda yang penasaran seperti apa rasa Putu Pesse ini bisa simak resepnya berikut dikutip dari berbagai sumber.


Bahan:

500 gram beras ketan putih

Gula merah yang sudah diiris-iris tipis secukupnya

Kelapa muda parut secukupnya

Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Pertama-tama siapkan wajan ya, Bunda. Setelah itu sangrai beras ketan putih hingga kecokelatan.

2. Selanjutnya haluskan beras ketan yang sudah disangrai tadi dengan menggunakan blender. Agar tekstur lebih halus, Bunda bisa menapis tepung beras ketan yang sudah di-blend tadi dengan pengayak.

3. Campur tepung beras ketan yang sudah halus dengan gula merah, kelapa muda parut, dan garam. Aduk adonan hingga rata.

4. Siapkan cetakan. Tuangkan adonan ke dalam cetakan. Lalu tekan-tekan hingga adonan padat ya, Bun. Ulangi hingga semua adonan habis.

5. Siapkan piring saji. Keluarkan Putu Pesse yang sudah jadi dari cetakan.

6. Selamat menikmati.

[Gambas:Video Insertlive]




(som/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi