moms-life

Gus Azmi 'The Santri', Pelantun Salawat Terpeleset 'Take a Beer'

Muhayati Faridatun Senin, 23 Sep 2019 12:00 WIB
Gus Azmi 'The Santri', Pelantun Salawat Terpeleset 'Take a Beer'
Jakarta - Gus Azmi, namanya tenar berkat peran dalam The Santri, juga kabar kedekatan dengan Wirda Mansur, lawan mainnya di film religi garapan sutradara Livi Zheng itu. Namun tak disangka, bocah berusia 15 tahun itu menuai kontroversi lantaran 'take a beer'.

Lahir di Probolinggo, Jawa Timur, 23 April 2004, dan bernama lengkap Muhammad Ulul Azmi Askandar al-Abshor. Anak sulung dari empat bersaudara ini dikenal sebagai penyanyi grup salawat Syubbanul Muslimin.

Sang ayah yang biasa dia panggil Abah, Ahmad Ulil Abshor Ishomuddin, mendidiknya di lingkungan Islami sedari kecil. Di tingkat dasar, Gus Azmi menghabiskan enam tahun pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Mubtadiin 01 Blitar.


"Berkunjung dan bernostalgia di tempat dulu menuntut ilmu dan belajar rebana di @mi_hm01_satriyan," tulis sang ayah di akun Instagram @ahmad_ulil_abshor_ishomuddin, tiga hari lalu.

Dalam foto yang diunggah sang ayah, Gus Azmi menggendong adik bungsunya, Ahmad, dan berpose bersama Kepala Sekolah, juga beberapa murid yang memegang rebana. Ya, lewat unggahan foto dan tulisan di Instagram, terlihat betapa bangganya sang ayah pada si sulung.

Terlebih setelah merambah ke dunia perfilman, Gus Azmi disebut-sebut sebagai salah satu alumni kebanggan madrasah. "Sungguh pencapaian luar biasa syukur alhamdulillah alumni dari Madrasah kami @mi_hm01_satriyan Mas Azmi @official.azmii.askandaar menjadi aktor film yg berjudul "The Santri"," begitu tertulis di akun resmi MI Hidayatul Mubtadiin 01 Blitar, beberapa waktu lalu.

Pihak sekolah begitu bangga, madrasah di pinggiran kota, tepatnya di area Pondok Pesantren yang dibangun nenek Gus Azmi, Pondok Nurul Qodim Kalikajar Paiton, bisa menelurkan alumni seperti dia.

"Disekitar Madrasah kami juga banyak sekali Hafidz/Hafidzoh salah satunya yaitu Gurunya mas Azmi sekaligus menjabat sebagai Ibu Kandung mas Azmi @laila_syadzili_askandar," lanjut tulisan itu.

[Gambas:Instagram]


Kontroversi 'take a beer'

Terlepas dari kebanggaan atas kiprahnya di jagat hiburan, Gus Azmi sempat menuai kontroversi. Pada Juni lalu, bocah 15 tahun ini menuliskan komentar di Instagram, yang ternyata memancing amarah netizen.

Ia menuliskan, 'take a beer' (ambil bir) yang dianggap plesetan dari kata takbir. Wajar kalau dia dinilai melecehkan Islam. Lantaran banyak yang menghujat, Gus Azmi pun mengaku khilaf dan minta maaf lewat akun Istagram pribadinya.

Pelantun Cinta Dalam Istikharoh berujar, "Saya Muhammad Ulul Azmi Askandar dengan setulus hati mohon maaf atak kekhilafan saya telah menulis komentar saya kalimat yang tidak pantas, akan tetapi sungguh saya tidak ada niatan untuk memplesetkan kata Takbir apalagi niat menistakan Agama saya sendiri," sepenggal tulisan klarifikasi Gus Azmi.

Ia menjelaskan, kalimat itu ditulis karena terinspirasi dari tulisan yang ada di poster, saat dia mengucapkan selamat ulang tahun untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ada akun yang kontra dengan beliau komentar dengan menggunakan kata Takbir, Saya sebagai pemuda yang berlatar belakang NU Kultural merasa tidak begitu simpati dengan penggunaan simbol-simbol Agama dalam perpolitikan langsung teringat akan postingan di atas dan meng-covernya dalam membalas komentar yang kontra dengan Pak Jokowi."

Gus Azmi pun menganggap, Jokowi adalah tokoh yang menginspirasi dalam hal kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi para pem-bully, yang dibuktikan dengan cara kerja dan kerja.

Ya, apapun itu alasannya, kasus yang menimpa Gus Azmi merupakan pelajaran berharga, terutama bagi kita yang aktif di media sosial. Bunda, lebih bijak lagi ya berselancar di dunia maya.


Bunda, simak juga penjelasan tentang film The Santri sebagai ajang pengenalan Islam Nusantara ke mancanegara, dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi