sign up SIGN UP search

moms-life

Bikin Meleleh, Ketua BEM UGM 'Makhluk Keren' di Tengah Demo

Maya Sofia   |   Haibunda Rabu, 25 Sep 2019 06:48 WIB
Siapa Fathur? Ketua BEM UGM yang namanya viral di media sosial Twitter. caption
Jakarta - 'Ketua BEM UGM' pagi ini tiba-tiba bertengger di urutan teratas trending topic Twitter. Bersamaan itu pula video dan foto dari sang Ketua BEM UGM atau Presma BEM KM UGM 2019 yang diketahui bernama M. Atiatul Muqtadir membanjiri lini massa Twitter.

Di tengah ramainya pemberitaan soal demo mahasiswa di depan Gedung DPR untuk menolak RUU KUHP, pria yang akrab disapa Fathur tersebut berhasil mencuri perhatian netizen. Hal ini bermula saat Fathur menjadi salah satu nara sumber dalam acara Indonesia Lawyers Club bersama dengan ketua BEM dari universitas lainnya.

Jawaban-jawaban Fathur dalam acara tersebut dianggap lugas, namun dijelaskan dengan tenang dan santai. Misalnya saja jawaban ketika ia ditanya kenapa mahasiswa saat ini turun untuk berdemo.


"Kok mahasiswa ini turun lagi turun lagi? Padahal garis besarnya saya ingin sampaikan bahwa kami tidak ingin demokrasi atau perjalanan demokrasi kita ini menghasilkan hukum yang represif," ujar Fathur dengan nada yang tenang.

Selanjutnya, ia juga menolak jika dikatakan bahwa demo yang dilakukan para mahasiswa saat ini ditunggangi oleh pihak tertentu. Menurutnya, mahasiswa sudah jelas membahas substansi.

"Mahasiswa itu bukanlah manusia bodoh. Dia adalah gerakan terpelajar," katanya.

Sebelum menghadiri undangan sebagai nara sumber, Fathur bersama ketua BEM lainnya juga turun ke jalan siang itu untuk demo menolak RUU KUHP di depan Gedung DPR. Hal ini terungkap dalam foto yang diunggah di akun Instagram @bemkm_ugm.

Ketua BEM UGM Fathur bersama dengan Ketua BEM dari universitas lainnya. (Foto: Instagram @bemkm_ugm)


Selain banjir pujian di lini massa Twitter, banyak netizen juga yang menyambangi Instagram Fathur dan meninggalkan komentar positif.

"Tiba-tiba mengidolakan makhluk keren ini," tulis netizen.

"Mari beri semangat untuk manusia keren ini," ujar netizen lainnya.

Sosok Fathur sendiri memang menarik untuk dibahas. Tak hanya berwajah tampan, Fathur adalah adalah mahasiswa yang berprestasi.

Mengutip Bulaksumurugm, Fathur merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) angkatan 2015. Fathur disebut sebagai sosok yang sangat aktif di organisasi, baik di dalam maupun di luar kampus.

Misalnya saja pada tahun pertama, Fathur menjadi bagian dari Keluarga Mahasiswa Muslim FKG dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKG. Kemudian pada tahun kedua, ia terpilih sebagai ketua BEM FKG.

Tidak hanya sibuk dengan BEM, di tahun yang sama ia juga menjadi anggota Senat FKG se-Indonesia dan mentor denstistry muslim tutorial FKG.

Selain organisasi, ia juga turut serta menyelami keilmuwan secara lebih mendalam dengan menjadi bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Terkait leadership, Fathur mengikuti Forum Indonesia Muda (FIM) ke-19 melalui jalur kampus leader.

Fathur juga kerap hadir dalam forum-forum tingkat ASEAN. Misalnya, pada 11-14 Februari tahun ini, ia menghadiri 7th ASEAN Student Leaders Forum. Di sana, Fathur dan kawan-kawan hadir sebagai delegasi dari UGM.

Kemudian pada bulan Juni 2019, Fathur menghadiri The 19th AUN and 8th ASEAN + 3 Educational Forum and Young Speakers Contest di Chiang Mai, Thailand. Saat itu topik yang dibahas adalah mengenai Social Sustainability in ASEAN + 3: The Challenges of Inclusive Growth.

Hebat ya, Bun. Semoga semakin banyak anak muda yang berprestasi seperti Fathur.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!