sign up SIGN UP search


moms-life

Gunawan Ungkap Kunci Pernikahan Langgeng yang Sering Diabaikan

Maya Sofia Jumat, 04 Oct 2019 20:02 WIB
Gunawan mengungkap kunci pernikahannya bisa langgeng selama 16 tahun. Ternyata hal ini sering diabaikan oleh banyak pasangan. Bunda termasuk di antaranya? caption
Jakarta - Gunawan Sudrajat atau dikenal dengan nama Gunawan termasuk salah seorang aktor yang namanya melejit di tahun 1990-an. Kala itu, mantan suami Paramitha Rusady ini laris sebagai bintang sinetron.

Kini dua dekade berlalu, Gunawan memang tak sepopuler dahulu. Kabar terbaru yang muncul darinya justru hoax bahwa kaki sang aktor diamputasi karena kecelakaan moge.

Seiring kabar hoax itu, keluarga kecil Gunawan mencuri perhatian netizen. Lewat media sosial Instagram @gunawan_sudrajat_real, Gunawan kerap membagikan foto kebersamaan dengan istri dan kedua anaknya.


Seperti diketahui pasca bercerai dari Paramitha, Gunawan telah menikah kembali dengan seorang perempuan bernama Sybilla Ernova Hartoto Hardikusumo atau akrab disapa Lala pada 12 September 2003.

Dari pernikahan tersebut, Gunawan dan Lala dikaruniai dua orang anak, yakni Adhna Khayru Akyela Hardikusumo dan Ghaniya Khayra Shakilla Naja. Si sulung, Adhna, disebut-sebut memiliki wajah yang sangat mirip dengan sang ayah.

Gunawan Ungkap Kunci Pernikahan Langgeng 16 Tahun, Sering Diabaikan Suami IstriGunawan Sudrajat dan keluarga. (Foto: Instagram @gunawan_sudrajat_real)

Selama 16 tahun menikah, Gunawan dan Sybilla tak pernah diterpa isu miring. Keduanya selalu terlihat harmonis. Lalu apa rahasianya?

"Kuncinya keharmonisan sama komunikasi sih," kata Gunawan dalam program Okay Bos dikutip dari detikcom.

Sementara itu dalam soal mendidik anak, Gunawan dan Lala juga termasuk orang tua yang tak mau mengekang. Gunawan mengaku membebaskan kedua anaknya memilih karier masing-masing.

"Pokoknya kalau anak saya senang di dunia seni ya sudah silakan. Tapi jangan lupa sekolah," ujar Gunawan dalam program Brownis.

Menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan seperti Gunawan dan istri memang salah satu kunci dari kerhamonisan rumah tangga.

Dalam sebuah rumah tangga, komunikasi merupakan kunci untuk membina hubungan yang sehat dengan pasangan. Seorang terapis keluarga, Marni Feuerman, mengatakan bahwa pembicaraan yang dalam memang dibutuhkan untuk menguatkan hubungan dalam pernikahan.

Sangat penting bagi Bunda cerita tentang semua yang terjadi selama beberapa waktu belakangan. Tapi jangan semua hal Bunda ceritakan setiap hari dan sepanjang waktu, ya. Ini akan membuat pasangan lelah.

Menurutnya, lebih baik membicarakannya baik-baik, daripada hanya menyimpan masalah dengan diam saja atau tiba-tiba melakukan hal yang agresif seperti berteriak. Komunikasi yang baik juga membuat perasaan pasangan kita jadi empati lho, Bun.

"Munculnya sikap empati ini akan menimbulkan kesadaran, sikap untuk tidak asal menilai pasangan, belajar menjadi pendengar yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri pasangan," tutur Marni seperti dikutip dari Very Well Mind.

Bunda juga bisa simak kebersamaan Gunawan dengan kedua anaknya dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]





(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi