moms-life

3 Persiapan Zumba agar Bunda Enjoy dan Bugar

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 09 Oct 2019 07:00 WIB
3 Persiapan Zumba agar Bunda Enjoy dan Bugar Ilustrasi zumba/ Foto: iStock
Jakarta - Zumba jadi salah satu olahraga yang sedang hit nih, Bunda. Tertarik mencobanya? Kalau iya, perhatikan dulu toga persiapan penting sebelum zumba berikut. Supaya nanti Bunda enjoy berzumba ria dan tubuh pun bugar.

Kata instruktur zumba Nadya Putriani, persiapan yang perlu diperhatikan adalah perlengkapan saat zumba. Pertama untuk pakaian. Nadya bilang, prinsipnya pilih pakaian yang enggak menghalangi gerakan Bunda ya.

"Kemudian yang menyerap keringat supaya kita lebih nyaman ketika zumba," ujar Nadya saat berbincang dengan HaiBunda.


Kedua, sepatu. Kata Nadya, untuk zumba Bunda perlu memakai sepatu training. Misalnya sol sepatu tidak tepat karena Bunda pakai sepatu jenis lain, bisa jadi Bunda cedera di bagian ankle, lutut, atau lower back.

"Kalau apparel-nya salah, kita takutnya cedera. Olahraga itu kan kita pengen sehat, bonusnya kurus ya. Makanya, apparel perlu banget diperhatikan," kata Nadya. Gimana untuk makan?

Ibu satu anak ini bilang, jika Bunda dna keluarga terbiasa makan sebelum olahraga, konsumsilah makanan yang ringan dan gampang dicerna. Contohnya pisang, oatmeal, dan roti gandum. Jadi, jangan konsumsi makanan yang terlalu berat atau susah dicerna.

"Misalnya mi instan, daging, atau steak gitu. Takutnya malah muntah nanti pas zumba," tutur Nadya.

Jika mengonsumsi makanan ringan, sekitar 45 menit setelahnya Bunda sudah bisa mulai zumba. Tapi, kalau konsumsi makanan berat, setidaknya 1,5 - 2 jam setelahnya barulah mulai zumba, Bun.

Ilustrasi zumbaIlustrasi zumba/ Foto: HaiBunda
Zumba, ujar Nadya, karena melakukan latihan kardio jadi dilakukan minimal 35 menit. Sebab, di 35 menit pertama kita akan membakar karbohidrat, Bun. Nah, setelah 35 menit tubuh akan membakar lemak. Jadi, waktu 35 - 45 menit untuk zumba menurut Nadya sudah cukup.

"Meskipun aku biasanya kalau di kelas zumba reguler 1 jam-an deh zumbanya," ujar dia.

Nadya menambahkan, manfaat zumba antara lain meningkatkan metabolisme, membuat tidur lebih mudah dan nyenyak, melancarkan peredaran darah dan lebih enggak gampang sakit. Khusus untuk ibu hamil, zumba juga bisa membantu agar enggak cepat ngantuk dan enggak cepat ngantuk.



"Dan lebih enjoy ya. Kita kan kalau dengarĀ musik rasanya happy, pengen joget gitu kan kita. Jadi, pengaruhnya lebih ke mood ya," pungkas Nadya.

Simak juga keseruan para bunda zumba bareng di HaiBunda Squad Septembergerak dalam video ini.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi