moms-life

Catat! Doa agar Persalinan Bunda Mudah dan Lancar

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 11 Oct 2019 12:19 WIB
Catat! Doa agar Persalinan Bunda Mudah dan Lancar Doa lancar melahirkan/ Foto: iStock
Jakarta - Sudah masuk minggu-minggu melahirkan, Bunda? Wah, pastinya sudah sederet persiapan dilakukan ya. Mulai dari olahraga ringan, yoga, hingga berjalan cepat untuk membantu bayi turun ke panggul.

Melansir Fit Pregnancy, penelitian yang dilakukan National Institutes of Health menerangkan bahwa Bunda yang baru melahirkan untuk pertama kali membutuhkan waktu 2,6 jam lebih lama. Itu sebabnya, para ahli medis menyarankan untuk mengikuti kelas persiapan persalinan sebelumnya.

Diungkap praktisi perawat Lynette Miya, MN, RNP, kelas persalinan dapat menambah pengetahuan mengenai operasi caesar dan epidural. Di kelas tersebut, biasanya Bunda akan diberi tahu mengenai cara melatih otot panggul, mengatur pernapasan, dan masih banyak lainnya.


Selain persiapan secara fisik, yang enggak kalah penting adalah menyiapkan mental. Sangat penting untuk membangun rasa percaya diri, terlebih untuk Bunda yang akan menjalani persalinan secara normal.

Bunda harus benar-benar menanamkan keyakinan untuk dapat melalui proses melahirkan dengan lancar. Percaya diri bisa mengejan, mengatur napas selama proses persalinan, serta sabar menghadapi rasa sakit selama kontraksi.

Catat! Doa agar Persalinan Bunda Mudah dan LancarIlustrasi melahirkan/ Foto: iStock

"Saat memasuki masa persalinan hal yang lebih terpenting adalah mental dan fisik yang kuat. Menimalisasi rasa takut saat persalinan adalah kuncinya. Jadi, usahakan ibu santai dan tenang untuk menghadapi proses persalinan," ungkap Lindy Sargent kordinator kelas melahirkan di Rumah Sakit Wentworth-Douglass, dikutip dari Parenting NH.

Menjaga pikiran agar tetap positif juga bisa dibantu dengan membaca doa jelang melahirkan. Kekuatan spiritual biasanya akan membawa pengaruh besar untuk menjaga pikiran tetap optimis.

Dalam proses menegangkan, membaca doa adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Melansir laman NU Online, agar persalinan lancar dan terhindar dari segala macam bahaya, disarankan agar Bunda membaca ayat Kursi, surat Al-A'raf ayat 54, surat Al-Falaq, dan An-Nas. Hal ini seperti penjelasan dalam kitab Al-Adzkar An-Nawawiyyah karya Muhyiddin Syaraf An-Nawawi.

Sedangkan untuk suami dan orang-orang yang menunggu proses melahirkan, disarankan untuk membantu doa dengan bacaan yang sama seperti di atas, ditambah dengan doa berikut.

"La ilaha illallahul 'adszimul halim. La ilaha illallahu Rabbul 'arsyil 'adzim. La ilaha illallahu Rabbus samawati wal ardu wa Robbul 'arsyil 'adzim."

Artinya: Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Bijaksana. Tiada tuhan selain Allah Pemilik 'Arsy yang Agung. Tiada tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan 'Arsy yang Agung.

Tonton juga yuk, curhat Tasya Kamila yang alami drama jelang melahirkan:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi