moms-life

Topan Hagibis Terjang Jepang, Berikut Imbauan untuk WNI

Maya Sofia Sabtu, 12 Oct 2019 13:58 WIB
Topan Hagibis Terjang Jepang, Berikut Imbauan untuk WNI
Jakarta - Topan Hagibis melanda Jepang pada hari ini Sabtu (12/10/2019). Mengutip detikcom, Topan Hagibis disebut sebagai topan super karena menimbulkan hujan deras dan angin kencang.

Topan Hagibis juga disebut badai terbesar dalam 60 tahun terakhir yang menerjang Negeri Sakura tersebut. Badan Meteorologi Jepang (JMA) memperkirakan, topan dahsyat tersebut diperkirakan akan menerjang wilayah Jepang tengah atau timur pada Sabtu malam waktu setempat, dengan angin berkecepatan hingga 216 kilometer per jam.

Sebelum menerjang wilayah Jepang tengah dan timur, hari ini Topan Hagibis telah menewaskan satu orang di Chiba, sebelah timur Tokyo.


"Seorang pria berumur 49 tahun ditemukan dalam sebuah truk kecil yang terguling. Dia dikirimkan ke rumah sakit namun dikonfirmasikan meninggal," ujar juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Ichihara di Chiba.

Topan Hagibis Terjang Jepang, Ini Imbauan dari KBRI Tokyo untuk WNI
Warga Jepang Mengungsi Imbas Topan Hagibis. (Foto: Reuters)


Sementara itu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo mengeluarkan imbauan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di Jepang sebagai berikut.

Japan Meteorology Agency mengumumkan potensi Typhoon Hagibis/Typhoon No.19 di atas kepulauan Jepang, yang akibatkan hujan badai dan angin kencang di sebagian Jepang, tanggal 12-13 Oktober 2019.

Seluruh WNI di Jepang agar:

1. Lakukan langkah-langkah persiapan terutama jika perlu segera evakuasi.

2. Segera hubungi nomor 119 (ambulans) untuk pertolongan medis darurat.

3. Pantau dan indahkan informasi, himbauan dan peringatan Pemerintah setempat (Japan Meteorology Agency) tentang perkembangan Typhoon Hagibis/Typhoon No.19 pada: https://www.jma.go.jp/en/typh/ dan Twitter Tokyo Metropolitan Government: https://twitter.com/tokyo_bousai

4. Bagi WNI yang bepergian dan akan ke Jepang, harap perhatikan kondisi sarana dan prasarana, termasuk angkutan umum mengingat terdapat kemungkinan tidak beroperasinya sarana dan prasarana pada saat terjadi Typhoon dan setelahnya.


5. Menghubungi hotline KBRI Tokyo no: 080 3506 8612 dan 080 4940 7419 dalam keadaan darurat; dan email: consular@kbritokyo.jp; serta akun Faceboook KBRI Tokyo apabila memerlukan KBRI Tokyo.

Semoga membantu bagi Bunda dan keluarga yang tinggal atau sedang berlibur di Negeri Matahari Terbit ini, ya.

[Gambas:Video 20detik]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi