sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias Bola Lumut, Unik dan Kaya Manfaat

Mutiara Ananda Kamis, 17 Sep 2020 04:00 WIB
Bunda pernah dengar tentang tanaman hias bola lumut marimo? Tanaman hias bola lumut ini bentuknya begitu unik, beda banget dari yang lainnya lho, Bunda. caption

Selama masa pandemi, merawat tanaman hias di rumah menjadi tren yang banyak digemari. Ada beragam tanaman hias yang bisa ditanam untuk mempercantik rumah.

Salah satu tanaman hias yang tak biasa adalah marimo, atau dikenal juga sebagai bola lumut. Seperti namanya, marimo bentuknya bundar seperti bola dan permukaannya mirip seperti lumut.

Dilansir Japan Atlas Nature, tanaman hias bola lumut ini termasuk spesies ganggang hijau. Asalnya dari Danau Akan di Hokkaido, Jepang.

Tanaman hias bola lumut ini sudah banyak ditemukan pula di tempat lain. Namun tanaman hias bola lumut yang hidup di Danau Akan ukurannya lebih besar, di mana diameternya bisa mencapai 20-30 cm.

Bola lumut yang unik tersebut dilirik pula untuk dirawat di rumah. Bola lumut marimo ini memang tanaman air. Tapi dengan bentuknya yang unik, terkadang jadi dianggap seperti hewan peliharaan menggemaskan.

Dikutip dari House Beautiful, tanaman hias bola lumut marimo ternyata juga memiliki banyak manfaat nih, Bunda. Kalau ditaruh di akuarium, tanaman hias bola lumut ini bisa berfungsi sebagai filter alami yang menyerap racun yang ada di air.

Maka, air harus diganti setiap dua minggu agar marimo tetap dalam kondisi baik. Jika Bunda ingin memelihara marimo, pastikan tanaman ini tidak terkena sinar matahari langsung ya, karena marimo akan berubah menjadi coklat jika terlalu panas.



Meski pertumbuhannya cukup lambat, tanaman hias bola lumut ini bisa bertambah besar. Dalam setahun, ukurannya bisa bertambah 0,5 cm hingga 1 cm.

Jika dirawat dengan benar, tanaman hias ini disebut-sebut bisa bertahan hingga ratusan tahun. Nah, Bunda tertarik memelihara tanaman hias bola lumut ini?


Simak juga video tanaman hias termahal di dunia:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi