sign up SIGN UP search


moms-life

No Bra Day, Ini 5 Manfaat Tak Pakai Beha untuk Kesehatan Payudara

Radian Nyi Sukmasari Senin, 14 Oct 2019 12:00 WIB
No bra day diperingati tiap tanggal 13 Oktober sebagai rangkaian bulan kesadaran kanker payudara. Ketika tak memakai bra, ada manfaat kesehatannya lho. caption
Jakarta - Bulan Oktober adalah bulan kesadaran kanker payudara atau breast cancer awareness month. Di tengah bulan, tepatnya tanggal 13 Oktober, digalakkan gerakan bernama No Bra Day, di mana wanita diimbau tak memakai bra alias beha ketika beraktivitas.

No Bra Day dimulai pada 2011. Kampanye ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang, terutama para wanita akan kesehatan payudara. Kemudian, diharapkan dengan kampanye ini para wanita berani melakukan pemeriksaan dan skrining untuk deteksi dini kanker payudara.

Dikutip dari The Sun, wanita enggan tak pakai bra ketika beraktivitas. Dukungan pada kampanye ini bisa ditunjukkan dengan menggunakan pakaian serba ungu. Memang, Bun, sampai saat ini kampanye No Bra Day ini masih kontroversi, Bun.


Bicara soal No Bra Day, ini kembali lagi pada keputusan masing-masing orang, termasuk Bunda, nih. Ketika memang Bunda enggak pakai bra, misalnya saat tidur atau di rumah, ada lima manfaatnya lho, Bun, seperti dikutip dari Bustle.

1. Mengurangi nyeri

Dr.Anuradha Seshadri, dokter spesialis penyakit dalam di UCLA Health mengatakan memakai bra yang tak pas ukurannya dan tali bra yang terlalu kencang bisa memicu nyeri.

"Dengan istirahat dari memakai bra, Anda bisa mengurangi risiko nyeri di punggung, tulang belakang, dan bahu. Apalagi jika tali bra yang dipakai terlalu kencang," ujar Seshadri.

2. Lebih nyaman

Patricia Geraghty, medical director di pusat kesehatan wanita, Comprehensive Wellness mengatakan tak memakai bra bisa membuat wanita merasa nyaman. Ibaratnya, ketika tak pakai bra payudara punya kesempatan untuk bernapas, Bun. Tekanan dari tali bra pun tak ada.

No Bra Day, Ini 5 Manfaat Tak Pakai Beha untuk Kesehatan PayudaraNo Bra Day, Ini 5 Manfaat Tak Pakai Beha untuk Kesehatan Payudara/ Foto: Dok. iStock
3. Payudara lebih kuat

Profesor Jean-Denis Rouillon dari University of Franche-Comte dalam studinya selama 15 tahun menemukan tidak pakai bra memberi kesempatan sel dan jaringan payudara tumbuh. Sehingga, memberikan kesempatan payudara jadi lebih kuat.

4. Terhindar dari gangguan kulit

"Iritasi, gatal, atau ruam bisa timbul ketika bagian tubuh tertutup tali bra, terutama ketika tubuh berkeringat. Selain itu, di malam hari Anda bisa tak merasa terlalu sesak, sehingga tidur bisa lebih nyenyak," papar Seshadri.

5. Sirkulasi darah lebih lancar

Dikatakan Geraghty, saat tak pakai bra, aliran darah di sekitar dada bisa lebih lancar. Ini bermanfaat untuk membangun jaringan otot dan mengencangkan kulit. Ketika bra meninggalkan tanda merah di sekitar tulang rusuk atau bahu, ini menunjukkan sirkulasi darah tak lancar. Tapi, pada wanita sehat, kondisi ini tak berefek negatif kok, Bun.

Simak juga cara deteksi dini kanker payudara dengan Sadari di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi