sign up SIGN UP search


moms-life

5 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan Bunda di Rumah

Annisa Karnesyia Minggu, 27 Oct 2019 07:30 WIB
Tak perlu jauh-jauh dan sulit, olahraga bisa dilakukan di rumah dengan mudah setiap hari. caption
Jakarta - Menjadi sehat dengan olahraga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Olahraga adalah aktivitas menyehatkan yang juga menyenangkan.

Menurut ahli nutrisi Arlene Semeco MS, RD, aktif bergerak baik untuk kesehatan fisik dan mental. Penelitian juga menunjukkan manfaatnya untuk panjang umur.

"Olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri," kata Semeco, dikutip dari Healthline.


Selain itu dapat menurunkan berat badan pada pengidap obesitas. Beberapa studi menemukan jika orang yang tidak aktif bergerak, berat badannya mudah naik.

Olahraga enggak perlu mahal kok, Bunda. Di rumah pun bisa dilakukan tanpa menggunakan alat sama sekali.

Nah, dilansir Very Well Fit, berikut 5 jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah. Bisa Bunda praktikkan ya.

1. Menari

Tak perlu melakukan gerakan menari yang sulit untuk olahraga di rumah. Cukup gerakan ringan diiringi musik selama 15 sampai 30 menit saja cukup.

2. Olahraga online

Jika Bunda malas atau tidak punya waktu untuk pergi ke gym, bisa coba olahraga dari platform online, misalnya video di YouTube. Selain bisa dilakukan kapan saja, Bunda juga bisa mendapat kenyamanan privasi.

3. Latihan bodyweight

Tidak perlu peralatan olahraga khusus untuk membakar kalori dan membangun otot yang lebih kuat. Sediakan 10 sampai 15 menit untuk melakukan latihan kekuatan sederhana.

Coba lakukan 5 kali gerakan push up di dinding, 5 kali squat di kursi, dan 5 kali walking lunge. Gerakan ini mampu membuat lengan dan kaki lebih kuat.

4. Olahraga di kursi

Bila Bunda tidak nyaman olahraga dalam posisi berdiri yang lama, bisa gunakan kursi yang pegangannya kuat untuk melakukan gerakan olahraga. Lakukanlah 10 sampai 15 menit.

5. Shadowboxing

Shadowboxing adalah gerakan mudah untuk Bunda yang mudah. Tak perlu menggunakan alat, gerakannya juga mampu mengurangi stres.

Simak juga olahraga mudah untuk pengidap obesitas di video berikut: (ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!