moms-life

Hari Ini 30 Tahun Lalu, Putri Diana ke Tangerang & Salami Pasien Kusta

Muhayati Faridatun Senin, 04 Nov 2019 09:40 WIB
Hari Ini 30 Tahun Lalu, Putri Diana ke Tangerang & Salami Pasien Kusta
Jakarta - Momen bersejarah terukir hari ini, Bunda. Pada 4 November 1989, Putri Diana mengunjungi salah satu rumah sakit khusus pengidap lepra atau kusta di Tangerang, Banten.

Ya, 30 tahun lalu, Diana mendampingi Pangeran Charles mengunjungi Indonesia. Mereka mendarat di Indonesia tepat pada 3 November 1989. Pasangan Kerajaan Inggris ini kemudian disambut Presiden Suharto dan keluarga di Istana Merdeka, Jakarta.


Tak terkecuali Prabowo Subianto, yang ketika itu masih berstatus sebagai suami Titiek Suharto. Prabowo bahkan mengabadikan momen saat berjabat tangan dengan Diana, lalu diunggah di akun Instagram pribadinya.


"Prince Charles and Princess Diana, during their visit to Indonesia in 1989," tulis Prabowo di akun @prabowo.

[Gambas:Instagram]


Kemudian pada 4 November 1989, dikutip dari berbagai sumber, Diana berkesempatan mengunjungi RS Sitanala, Tangerang. Itu adalah rumah sakit khusus merawat para pengidap kusta. Meski penyakit kusta menular, Diana tak segan mendekati para pasien.

Diana bahkan menyalami pasien, duduk di tempat tidur pasien dan berbincang hangat dengan mereka. Konon, tindakan Princess of Wales ini memicu amarah Ratu Elizabeth II. Sang ibu mertua cemas Diana terlalu dekat dengan para pasien kusta.

Putri Diana menyalami pasien kusta di RS Sitanala TangerangPutri Diana menyalami pasien kusta di RS Sitanala Tangerang/ Foto: Istimewa
Seperti Bunda ketahui, kusta merupakan penyakit menular. Dilansir situs resmi WHO, kusta adalah penyakit menular kronis yang disebabkan oleh mycobacterium leprae. Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit Hansen.

Penyakit ini menyerang kulit, saraf perifer, permukaan mukosa pada saluran pernapasan bagian atas, dan mata. Kusta diketahui bisa menjangkit semua usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.


Meski kusta menular, Diana tak segan berjabat tangan dengan para pasien. Ia juga pernah melakukan hal serupa saat mengunjungi para pasien kusta di Kolkata, India. Ibunda Pangeran William dan Pangeran Harry ini pun dinobatkan sebagai duta Patron of The Leprosy Mission, sejak 1990 hingga menutup usia pada 1997.

"Selalu menjadi perhatian saya untuk menyentuh orang-orang dengan kusta, berusaha menunjukkan dalam tindakan sederhana bahwa mereka tidak dicerca, kami juga tidak menolak," ucap Diana, dikutip dari Leprosy Mission.

[Gambas:Youtube]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi