moms-life

Tips Ibu Rumah Tangga Tetap Bugar Meski Cuma di Rumah

Melly Febrida Jumat, 08 Nov 2019 07:20 WIB
Tips Ibu Rumah Tangga Tetap Bugar Meski Cuma di Rumah Ilustrasi ibu rumah tangga tetap bugar/ Foto: iStock
Jakarta - Ibu rumah tangga juga ingin dong tetap bugar. Tapi, enggak sempat ke gym. Lantas, apa triknya supaya ibu rumah tangga bisa menjaga kebugaran dan syukur-syukur bisa sekalian menurunkan berat badan?

Mengutip Health Me Up, bagi ibu rumah tangga, mencoba untuk tetap rutin dan membuat jadwal aktivitas harian mungkin akan terasa sulit karena banyaknya pekerjaan di rumah. Tapi, sebisa mungkin tetap fleksibel dan memanfaatkan waktu kosong yang ada.




Meski istirahat sama sekali tidak dilarang, bukan berarti Bunda dianjurkan untuk menonton televisi seharian. Nah, ahli kebugaran Vikas Dabas dan Pulkit Nehra berbagi solusi mudah yang bisa ibu rumah tangga coba di rumah agar tetap bugar dan bisa menurunkan berat badan, mengutip Herzindagi:

1. Makan dengan cerdas

Dabas dan Nehra mengatakan jika makan dengan tangan bisa membuat Bunda makan dengan nikmat. Untuk itu, disarankan Bunda makan perlahan supaya tubuh bisa mengekstrak semua nutrisi dan meningkatkan sistem pencernaan.

Selain itu, pastikan Bunda menghitung apa yang dimakan, bagaimana Bunda makan dan kapan makannya untuk menciptakan keseimbangan. "Jika ingin menurunkan berat badan, pastikan makan malam Anda ringan dengan nol kandungan karbohidrat," papar Dabas.

Ilustrasi ibu rumah tangga jaga kebugaranIlustrasi ibu rumah tangga jaga kebugaran/ Foto: iStock
Oh iya, untuk makanan penutup atau camilan tak selalu harus berupa makanan sarat gula dan tinggi kalori. Kalau anak-anak terbiasa mengonsumsi camilan atau makanan penutup, sediakan buah-buahan segar sebagai alternatif yang sehat. Langkah awalnya, biasakan untuk memperbanyak buah-buahan segar untuk menjadi menu andalan camilan ketika belanja bulanan.

2. Berjalan

Biasanya anak-anak bermain di sore hari. Enggak ada salahnya Bunda ikut menemani anak-anak bermain di taman. Ini tidak hanya membuat anak merasa nyaman karena ada Bunda, tapi juga membantu Bunda menurunkan berat badan.

"Sudah diamati ibu yang pergi ke taman bersama anak-anaknya lebih bugar ketimbang mereka yang tidak. Berlari-lari, berjalan, dan menghirup udara segar bisa menghidupkan kembali seluruh mekanisme," kata Dabas.

Simak juga 3 manfaat anak main sepeda di video ini. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi