sign up SIGN UP search


moms-life

Sederhananya Istri Novel Baswedan, Manfaatkan Ruang Tamu Jadi Butik

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 05 Nov 2019 20:22 WIB
Istri Novel Baswedan, Rina Emilda juga membuka usaha butik sembari menjalankan perannya sebagai istri dan ibu rumah tangga. caption
Jakarta - Istri penyidik KPK, Novel Baswedan, Rina Emilda, sehari-harinya adalah ibu rumah tangga yang mengurus empat anak juga suami. Tak ingin diam saja, wanita yang akrab disapa Emil ini membuka butik kecil-kecilan di rumahnya.

Butik milik Emil menjual busana muslim gamis syar'i. Wanita yang sudah 16 tahun mendampingi Novel Baswedan ini menamai butiknya Emilda Boutique Gamis Syar'i. Nama itu tertulis di papan yang ada di teras depan rumah Emil dan Novel. Dagangan Emil selama ini memang dipasarkan secara online, Bun.

Kreatifnya, Emil memanfaatkan ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan sebagai butiknya. Di beberapa sudut, ada manekin. Kemudian, koleksi gamis dengan beragam model ada di lemari kaca, sebagian dilipat, sebagian digantung.


Emil juga menaruh bahan baku gamis-nya berupa gulungan bahan di pojok ruang tamu. Ibu lima anak ini mengaku mempromosikan koleksi dagangannya lewat sosial media. Konsumennya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kata Emil, dia enggak merasa repot karena transaksi dilakukan secara online.

"Usaha ini sudah saya jalani sejak 2012. Awalnya biasa, menjual baju punya orang, reseller. Kemudian, muncil rasa kreativitas, ingin mendesain sendiri. Dasarnya, apa yang ingin saya pakai sehari-hari, bukan desain rumit. Jadi pas mau acara santai gimana, untuk acara resmi gimana," kata Emil.

Novel BaswedanNovel Baswedan/ Foto: Novel Baswedan (Matius Alfons/detikcom)
"Bakal terpakai sendiri. Ada acara, sudah ada baju. Kan, sudah ada, sudah dipakai, ada yang nanyain," ujar Rina Emilda dalam buku Biarlah Malaikat yang Menjaga Saya yang ditulis Zaenuddin HM.

Emil bilang, usaha yang dijalaninya atas izin Novel Baswedan. Asal tidak jauh-jauh, cukup di kalangan ibu-ibu teman pengajian Emil atau lingkungan sekolah sang anak. Toh bila banyak pembeli, transaksi kan dilakukan lewat internet.

Menurut Emil, Novel Baswedan sangat paham sebatas mana kiprah seorang perempuan yang bisa ditoleransi, apalagi sudah berkeluarga dan punya anak. Mengurus keluarga adalah yang utama dan Emil menjalani peran itu dengan baik. Sehingga, Novel bisa tenang menjalankan tugasnya sebagai penyidik KPK.

Sehari-hari, Emil memasak sendiri untuk keluarganya. Ia dibantu dua orang asisten rumah tangga di mana satu orang membantu memasak. Kemudian, ART satu lagi mengasuh si bungsu sambil sesekali membantu mengepak dagangan Emil yang akan dikirim ke pelanggan.

Simak juga janji Kapolri baru dalam pengusutan kasus Novel Baswedan:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi