moms-life

BKN Bocorkan Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2019! Apa Isinya ya, Bunda?

Yuni Ayu Amida Sabtu, 09 Nov 2019 11:40 WIB
BKN Bocorkan Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2019! Apa Isinya ya, Bunda?
Jakarta - Tepat 11 November 2019, pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka, Bunda. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun membocorkan kisi-kisi soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Hal ini diketahui dari unggahan BKN di akun Twitter resminya @BKNgoid. "Hai #SobatBKN mau tahu bocoran soal SKD #CPNS2019? Yuk simak kisi-kisinya yang sudah mimin rangkum dalam infografis tsb," tulis akun BKN pada 7 November 2019.

Bocoran soal SKD yang diunggah BKN bentuknya berupa infografis. Namun, jangan salah paham dulu ya, Bunda. Ini bukanlah bocoran soal pertanyaan yang akan diujikan pada seleksi mendatang. Melainkan bocoran aspek apa saja yang sekiranya akan ada dalam soal-soal SKD CPNS 2019.


Dalam infografis tersebut, ada tiga kategori soal yang akan diujikan yakni, Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Intelegensia Umum (TIU), Test Karakteristik Pribadi (TKP).

Dalam TWK, kisi-kisinya meliputi nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk TIU kisi-kisinya di antaranya kemampuan verbal, numerik, dan figural. Dan terakhir untuk TKP kisi-kisinya yakni pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

BKN Bocorkan Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2019! Apa Isinya ya, Bunda?kisi-kisi SKD /Foto: BKN


Di samping itu, dalam tes CPNS biasanya ada soal-soal yang membuat banyak peserta gagal. Tes tersebut adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Yang jadi momok dua tahun terakhir ini adalah TKP, Tes Karakteristik Pribadi. Terlihat sulit karena rata-rata passing grade-nya enggak sampai di situ," kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan

Ridwan menambahkan dalam TKP tidak ada benar dan salah. Hanya saja, dalam menjawab soal, calon pelamar mesti paham hal yang harus diprioritaskan seorang PNS.

Hal ini karena soal-soal tersebut menjebak. Jadi, kunci untuk menjawabnya dengan tepat yakni calon pelamar harus memposisikan diri sebagai PNS.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi