sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips menggoreng Ikan agar Tidak Hancur saat Dibalik

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 24 Nov 2019 15:41 WIB
Menggoreng ikan merupakan susah-susah gampang, berikut ada lima tips mudah agar ikan goreng tidak mudah hancur. caption
Jakarta - Menggoreng ikan menjadi memasak yang sering dihindari para Bunda. Mulai dari malas lengket, terkena cipratan minyak panas hingga meninggalkan bau amis pada ruangan.

Selain itu, menggoreng ikan juga dianggap sebagai hal yang sulit. Sebab, seringkali hancur saat ikan dibalik. Tak sebanding dengan waktu memakannya yang bisa habis dalam sekejap ya, Bun.


Nah, kalau Bunda sering mengalami hal itu kita coba praktikkan tips di bawah ini yuk!


1. Tentukan jenis wajan

Melansir Foodal, untuk menggoreng ikan filet seperti misalnya tuna, tongkol, dan salmon Bunda bisa memilih wajan yang berat. Waja berbahan besi atau baja karbon lebih disarankan untuk menggorengnya.

Panaskan di atas api sedang, lalu tambahkan 1-2 sendok minyak zaitun. Lalu tambahkan minyak makan secukupnya untuk menggoreng.

2. Atur ketebalan ikan

Pada ikan filet, usahakan agar memotongnya dengan ukuran sedang agar bagian dalam cepat matang. Tunggu 4-5 menit per bagian, sebelum Bunda membaliknya sesekali. Goyangkan wajan agar ikan tidak lengket, dan tahan agar tidak sering membalik ikan agar tidak hancur saat digoreng.

5 Tips menggoreng Ikan agar Tidak Hancur saat DibalikTips menggoreng ikan agar tidak mudah hancur/Foto: iStock

3. Tunggu wajan sampai panas

Sedangkan menurut tips dari Readers Digest, salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak sabar memasukan ikan ke wajan.

Untuk menghindari ikan hancur saat dibalik, Bunda harus menunggu minyak dan wajan benar-benar panas. Ketika ikan dingin bersentuhan dengan logam panas, mereka membentuk ikatan kimia yang sulit untuk dipecahkan.

Itu kenapa, Bunda sering membuat ikan jadi lengket di wajan dan hancur saat dibalik. "Letakkan wajan Anda di atas kompor dna nyalakan dengan api sedang selama 3-5 menit sebelum memasukkan ikan," kata Giuseppe Tentori, koki eksekutif dan mitra di GT Fish & Oyster.

Bersabarlah, karena wajan yang sangat panas akan membuat ikan jadi lebih mudah untuk dibalik.

4. Jangan keseringan membalik ikan

Terlalu sering mencungkil ikan untuk membalikakan menyebabkan lapisan luar kulit ikan lepas. Kulit ikan yang terlepas akan membuat lapisan daging ikan di dalamnya jadi mudah hancur saat digoreng.

Selain itu, menggoreng dengan penjepit juga sangat disarankan agar ikan tidak mudah hancur. "Gunakan satu atau dua spatula karet dan logam, bahkan sendok untuk membaliknya," saran Tentori.


5. Balur dengan tepung tepung

Membalur ikan dengan tepung basah akan membantu ikan tetap utuh saat digoreng. Tepung basah akan memudahkan Bunda saat membalik ikan ketika digoreng. Sehingga tidak mudah hancur saat matang.

Gunakan tepung bumbu agar rasa ikan bertambah nikmat. Selamat mencoba!

5 Tips menggoreng Ikan agar Tidak Hancur saat Dibalik

Ada tips membersihkan ikan agar tidak amis dalam video di bawah ini, tonton sampai habis ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!