sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menggoreng Ikan Bawal Garing dan Tidak Lengket di Wajan

Yuni Ayu Amida Selasa, 11 Feb 2020 14:47 WIB
Tips Menggoreng Ikan Bawal Garing dan Tidak Lengket di Wajan caption
Jakarta - Ikan adalah makanan yang lezat dan kaya gizi. Namun, menggoreng ikan kadang sulit, Bunda, salah satunya karena saat digoreng ikan sering lengket di wajan.

Seorang koki berpengalaman, Giuseppe Tentori, mengatakan, saat akan menggoreng ikan pastikan panci atau panggangan panas. Ketika protein ikan dingin bersentuhan dengan logam panas, mereka membentuk ikatan kimia, yang membuat ikan jadi mudah hancur.


"Itulah sebabnya, Anda akhirnya meninggalkan bagian dari ikan saat membaliknya. Jika Anda memasak ikan di atas panggangan atau kompor, bersabarlah," ujar Tentori.


Tips Menggoreng Ikan Bawal Garing dan Tidak Lengket di WajanTips Menggoreng Ikan Bawal Garing dan Tidak Lengket di Wajan Foto: iStock


Sementara itu, ikan sendiri banyak macamnya. Nah, kali ini HaiBunda berikan tips menggoreng ikan bawal agar garing dan tidak lengket, dilansir The Burning Kitchen.

1. Cuci bersih ikan bawal, kemudian gunakan pisau tajam untuk membuat potongan diagonal pada tubuh ikan. Tujuannya agar saat dimasak, minyak meresap sampai ke dalam, dan ikan matang merata.

2. Lumuri bagian luar dan dalam ikan dengan garam secukupnya. Kemudian lumuri seluruh ikan dengan tepung meizena. Pastikan tepung meizena mengisi bagian irisan pada badan ikan.

3. Tuang minyak secukupnya di wajan, kemudian panaskan di api besar.

4. Saat minyak sudah mendidih, masukkan ikan, goreng sekitar 3 sampai 4 menit. Jangan diaduk. Tunggu, kemudian balik ikan dan goreng selama 3 sampai 4 menit.

5. Angkat dan tiriskan ikan. Gunakan tisu atau sejenisnya untuk menyerap kelebihan minyak pada ikan.

Tips tambahan:

1. Miringkan wajan jika Bunda menggunakan sedikit minyak untuk menggoreng ikan bawal, sehingga seluruh ikan bisa dimasak secara merata.

2. Untuk membuat sirip dan ekornya renyah, pastikan untuk memiringkan wajan sedemikian rupa, sehingga ekor dan sirip bawal sepenuhnya terendam dalam minyak sambil menggoreng.

3. Bunda perlu menggunakan api besar untuk menggoreng ikan, sehingga bagian luarnya renyah, sementara bagian dalamnya tetap lunak dan lembab. Tapi, pastikan ikan tidak gosong saat digoreng. Awasi api dan kecilkan jika memang perlu.


Simak juga tips menggoreng pisang dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi