moms-life

5 Manfaat Tawas untuk Perawatan Kecantikan

Annisa Karnesyia Minggu, 01 Dec 2019 15:29 WIB
5 Manfaat Tawas untuk Perawatan Kecantikan
Jakarta - Tawas bukan cuma bahan yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti menjernihkan air, Bun. Bentuk padat dan bubuk dari tawas juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan.

Keamanan tawas sebagai produk kecantikan memang masih dipertanyakan. Tapi, menurut peneliti dan ahli kimia Anne Marie Helmenstine, Ph.D., tawas aman kok digunakan, asalkan dalam jumlah kecil.


"Apakah tawas benar-benar aman? Jawabannya adalah ya, tetapi dalam jumlah kecil," kata Helmenstine, dikutip dari Thought Co.


"Jumlah kecil yang diserap ke dalam aliran darah dari penggunaan sesekali, seharusnya tidak menyebabkan masalah kesehatan," sambungnya.

Lalu apa saja manfaat tawas untuk perawatan kecantikan? Dilansir femina.in, berikut 5 manfaatnya:

1. Mengatasi tumit pecah-pecah

Bunda cukup panaskan tawas yang padat hingga mencair dan menjadi bubuk yang mudah hancur. Haluskan sampai mencapai konsistensi yang baik dan campur dengan minyak kelapa.

Gosokkan campuran ini ke tumit. Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan secara teratur ya.

Kaki pecah-pecahKaki pecah-pecah/ Foto: iStock

2. Mencukur bulu kaki

Selama ini, tawas telah digunakan tukang cukur sebagai aftershave. Setelah selesai mencukur bulu kaki, bisa gosok tawas di area tersebut. Fungsinya untuk mencegah infeksi dan mencegah pendarahan serta luka akibat mencukur.

3. Deodoran

Tawas dipercaya bisa digunakan sebagai deodoran. Bunda bisa gunakan potongan tawas yang telah dibasahkan atau sedikit bubuk tawas di ketiak. Tawas bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.

4. Komedo

Tak perlu repot menghilangkan komedo di hidung. Cukup campur bubuk tawas dengan air tawar atau air mawar hingga menjadi pasta. Lalu oleskan di hidung sampai kering dan bersihkan. Jangan menggosok ya, Bun, karena bisa mengiritasi kulit.

5. Perawatan jerawat

Tawas direkomendasikan oleh praktisi Ayurveda (ilmu kesehatan dari India) untuk mengobati jerawat. Buat masker wajah dengan tawas bubuk dan multani mitti, clay kecantikan untuk bahan masker.

Oleskan ke daerah yang berjerawat. Bunda bisa terapkan ini selama 20 menit dan akan terlihat hasilnya selama periode waktu tertentu.

5 Manfaat Tawas untuk Perawatan KecantikanFoto: InsertLive

Bunda, simak juga manfaat luar biasa masker susu sapi di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi