sign up SIGN UP search


moms-life

Rutin Minum Air Rebusan Terong Bisa Bikin Langsing? Begini Caranya

Yuni Ayu Amida Senin, 23 Dec 2019 07:20 WIB
Ingin menguruskan badan dengan air rebusan terong? Ini resepnya, Bunda. caption
Jakarta - Tahukah Bunda, ternyata air rebusan terong bisa dikonsumsi untuk menu diet lho. Ya, mengonsumsi air rebusan terong bisa membantu Bunda menurunkan berat badan.

Diketahui, terong kaya akan nutrisi, serta mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam terong seperti niasin, magnesium, dan tembaga. Melansir Beautynesia dalam satu cangkir atau 82 gram terong terdapat 20 kalori, 5 gram karbohidrat, 3 gram serat, 1 gram protein, mangan, folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C.


Selain itu, sayuran berwarna ungu ini pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Serta kaya dengan anthocyanin, yaitu sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang efektif untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.


Karena serat yang tinggi dan rendah kalori ini, terong mampu mengontrol dan menurunkan berat badan. Hal senada disampaikan ahli nutrisi Rachael Link, MS. RD., terong tinggi serat dan rendah kalori, yang menjadikannya sebagai makanan yang sangat baik untuk penurunan berat badan.

"Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang," ujar Link, dilansir Healthline.

Rutin Minum Air Rebusan Terong Bisa Bikin Langsing? Begini CaranyaRutin Minum Air Rebusan Terong Bisa Bikin Langsing? Begini Caranya /Foto: iStock


Link menambahkan, keuntungan lain adalah terong sangat mudah untuk didapatkan. Serta fleksibel dalam pengolahannya, bisa dimasak, dipanggang, atau ditumis. Mengonsumsi terong juga sebagai cara mengurangi asupan karbohidrat dan kalori, namun tetap meningkatkan kandungan serat dan nutrisi.

Nah, berikut ini cara membuat air rebusan terong untuk menu diet, Bunda.

Bahan yang dibutuhkan:

1 buah terong yang cukup besar
1 liter air
Jus lemon

Cara membuat:

1. Kupas kulit terong, cuci bersih, lalu potong dadu.
2. Masukkan potongan terong ke dalam panci bersama 1 liter air.
3. Didihkan kurang lebih 20 menit sampai potongan terong menjadi lunak.
4. Matikan kompor dan diamkan rebusan terong selama 1 jam, kemudian saring air rebusan.
5. Simpan air rebusan terong di dalam botol dan tambahkan jus lemon.

Bunda bisa mengonsumsi air rebusan terong ini dua kali sehari sebelum makan. Minumlah selama satu minggu penuh. Meski bisa menghancurkan lemak dan membersihkan tubuh, Bunda imbangi juga dengan berolahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Simak juga tips diet dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!