sign up SIGN UP search


moms-life

Upin Ipin Tuai Kritikan, Simak 7 Fakta Uniknya yang Jarang Diketahui Publik

Siti Hafadzoh Sabtu, 21 Dec 2019 16:10 WIB
Upin Ipin Tuai Kritikan, Simak 7 Fakta Uniknya yang Jarang Diketahui Publik caption
Jakarta - Serial kartun Upin dan Ipin tengah menjadi sorotan. Hal ini karena beberapa waktu lalu, seorang netizen mengkritik kartun yang juga tenar di Indonesia ini.

Netizen tersebut sebenarnya menjawab pertanyaan rumah produksi Upin Ipin di tahun 2020. Pemilik akun bernama Alyaa itu meminta agar omongan kasar di dalamnya dihilangkan. Hingga meminta supaya karakter Sally dihilangkan dari kartun Upin dan Ipin. Sally adalah karakter laki-laki yang bertingkah seperti perempuan.


"Buang character Sally whatever tu," tulis seorang netizen bernama Alyaa.


Cuitan Alyaa tersebut menanggapi akun Twitter resmi rumah produksi Upin Ipin. Mereka meminta saran ide untuk di tahun 2020.

"Share idea cerita Upin & Ipin tahun 2020 paling unik sekali," tulis akun Twitter @lescopaque.

Nah, bicara soal Upin Ipin, ada beberapa fakta menarik lho tentang serial kartun yang satu ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 fakta tentang kartun Upin Ipin.

1. Sejarah Upin Ipin

Serial Upin Ipin pertama kali muncul pada September 2007. Awalnya, Upin Ipin dibuat sebagai tayangan Ramadan untuk anak-anak lho, Bun. Tapi, ternyata karakter si kembar berkepala botak ini mendapat sambutan yang luar biasa.

2. Kenapa kepala Upin Ipin botak?

Upin Ipin punya karakter fisik yang khas, yaitu kepala botak. Kenapa ya kepala Upin Ipin dibuat botak?

Ternyata, sebenarnya ini ada alasan teknisnya. Kepala Upin Ipin dibuat botak karena untuk menekan biaya produksi. Kalau ada rambutnya, proses render akan memakan waktu lebih lama. Kalau mau cepat, butuh komputer yang lebih bagus. Tentunya akan lebih memakan biaya.

3. Penyebab ayah dan ibu Upin Ipin Meninggal

Dalam episode Kenangan Mengusik Jiwa, memperlihatkan foto keluarga Upin Ipin. Di foto tersebut terlihat ayah Upin Ipin adalah seorang tentara, ia bernama Abdul Salam. Sosok ayah si kembar ini merupakan seorang tentara yang telah gugur.

Sedangkan, sang ibu sempat sekilas diceritakan di episode Hari Ibu. Untuk memperingati hari ibu, Upin dan Ipin diajak nenek mereka untuk mengunjungi makam orang tuanya. Tapi, penyebab kematian ibu Upin Ipin tidak diceritakan nih, Bun.

Awalnya, pihak rumah produksi tidak berniat membuat karakter orang tua si kembar ini meninggal. Tapi, kreator animasi ini tidak menciptakan karakter orang tua Upin Ipin karena sudah dikejar deadline.

Upin Ipin Tuai Kritikan, Simak 7 Fakta Uniknya yang Jarang Diketahui PublikUpinĀ Ipin/ Foto: (imdb.)

4. Nama lengkap Upin dan Ipin

Sebagai tokoh kartun, anak kembar yang lucu ini lebih dikenal dengan nama Upin Ipin. Tidak banyak yang tahu bahwa mereka sebenarnya punya nama lengkap lho. Nama lengkap Upin adalah Aruffin Bin Abdul Salam. Sedangkan, nama lengkap Ipin adalah Ariffin Bin Abdul Salam.

5. Asal mula nama kampung Durian Runtuh

Upin dan Ipin tinggal di sebuah desa bernama Kampung Durian Runtuh. Nama ini diambil dari sebuah pohon durian yang hanya satu kali berbuah setiap musim. Para warna berebut untuk mendapatkan durian itu. Akhirnya, Tok Dalang memutuskan untuk meruntuhkan pohon durian tersebut.

6. Alasan karakter dibuat kembar

Karakter Upin dan Ipin yang merupakan saudara kembar bukan tanpa alasan lho. Anak kembar yang dicerminkan dalam kartun ini punya makna tersendiri bagi Malaysia.

Karakter Upin dan Ipin dibuat kembar karena mencerminkan karakter Malaysia. Ini menunjukkan Malaysia sebagai negara kembar Sabah dan Sarawak.


7. Belajar dari karakter Si Unyil

Serial Upin dan Ipin memiliki karakter yang kuat. Dikutip dari situs Indonesia.go.id, salah satu yang membuat Upin dan Ipin berhasil membangun karakter dengan kuat adalah belajar dari serial si Unyil.

Bunda, simak alasan kenapa orang tua perlu dampingi anak nonton TV berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi