sign up SIGN UP search


moms-life

Berapa Lama Waktu Ideal Merebus Sayuran?

Annisa Karnesyia Kamis, 23 Jan 2020 11:00 WIB
Lama memasak sayuran dengan cara direbus dan dikukus bisa berbeda pada tiap jenisnya. Bila terlalu lama, dikhawatirkan bisa merusak kandungan nutrisi, Bunda. caption
Jakarta - Salah satu cara paling mudah mengonsumsi sayuran adalah memasaknya. Caranya bisa dikukus, direbus, atau dimakan mentah.

Namun studi menunjukkan bahwa proses memasak sayuran dengan cara direbus atau dikukus adalah paling tepat. Cara ini bisa memecahkan lapisan luar yang keras dan struktur seluler dan memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisi dari sayuran.


"Penelitian menemukan bahwa makan bayam dan wortel yang dimasak bisa menghasilkan kadar antioksidan beta karoten dalam darah menjadi lebih tinggi, kemudian dikonversi jadi vitamin A," kata ahli diet Elaine Magee, dikutip dari CNN.


Magee juga menambahkan jika memasak sayuran enggak hanya terbatas pada manfaat vitamin, Bunda. Tapi juga membantu meningkatkan jumlah mineral

"Memasak sayuran bisa meningkatkan jumlah mineral, seperti kalsium, magnesium, dan zat besi yang tersedia dalam tubuh," ujar Magee.

Nah, untuk urusan merebus sayuran, ternyata setiap jenis sayuran punya waktu berbeda, Bunda. Melansir dari berbagai sumber, berikut waktu merebus sayuran sesuai jenisnya.

1. Wortel

Wortel kaya akan beta karoten yang dikonversi menjadi vitamin A. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, memasak wortel sebenarnya bisa meningkatkan jumlah beta karoten.

Disarankan untuk merebus wortel yang telah dipotong selama 5 sampai 10 menit, dikukus selama 4 sampai 5 menit. Sedangkan wortel yang utuh bisa direbus sekitar 14 sampai 20 menit, dan dikukus selama 10 sampai 15 menit.

2. Brokoli

Brokoli adalah sumber nutrisi yang kaya vitamin C, B6, serat, dan protein. Meski mengukus atau merebus brokoli bisa meningkatkan antioksidan, banyak yang menyarankan untuk memakan brokoli mentah.

Suhu panas bisa merusak enzim myrosinase yang memecah glukosinat dalam brokoli menjadi senyawa sulforaphane yang bisa membunuh sel pra kanker. Jika memang harus direbus, waktu yang disarankan adalah 4 sampai 6 menit, sedangkan dikukus selama 10 sampai 12 menit.

Ilustrasi sayuranIlustrasi sayuran/ Foto: iStock

3. Bayam

Sayur bayam kaya akan zinc, protein, dan banyak vitamin. Penelitian menunjukkan jika bayam yang direbus atau dikukus hanya sekitar 2 menit bisa memasok lebih banyak antioksidan seperti carotenoids ke tubuh. Sayuran bayam bisa direbus selama 2 sampai 5 menit atau dikukus selama 5 sampai 6 menit.

4. Asparagus

Asparagus mengandung banyak antioksidan, asam folat, dan kalium. Asam folat peka terhadap panas, jadi paling baik mengukusnya sekitar 12 menit untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

5. Kentang

Kentang yang telah dipotong bisa direbus dalam air dengan panas sedang selama 15 sampai 20 menit. Sedangkan yang utuh selama 20 sampai 30 menit. Untuk melihat kematangan kentang, Bunda bisa mengecek dengan ditusuk garpu.

Kentang yang telah direbus bisa digunakan untuk dimasak di waktu lain asalkan disimpan dalam kulkas. Kentang ini bisa bertahan hingga tiga hari di kulkas.


6. Buncis

Buncis memiliki struktur yang keras. Bahan makanan jenisĀ kacang-kacangan ini tetap mengandung antioksidan meski telah direbus, kukus, atau dipanaskan. Waktu yang tepat untuk merebusnya adalah 5 menit.

Simak juga kandungan selada di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi