sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman yang Cocok Menghiasi Taman Minimalis di Rumah

Yuni Ayu Amida Senin, 13 Jan 2020 12:18 WIB
Berikut ini lima tanaman yang bisa Bunda pertimbangkan untuk ditanam di taman minimalis di rumah. Selain hemat tempat tanaman ini juga banyak manfaat. caption
Jakarta - Bunda ingin menanam tanaman di taman minimalis di rumah? Tapi bingung mau menanam tanaman seperti apa? Simak ulasan ini yuk.

Tahukah Bunda bahwa menanam tanaman di pekarangan rumah adalah hal penting untuk membuat rumah tetap sehat. Dijelaskan seorang perawat dan ahli medis, Deborah Weatherspoon, Ph.D, tanaman adalah pembersih udara pertama di alam. Mereka dapat membantu menghilangkan senyawa berbahaya dari bahan bakar, perabotan, dan pakaian. Itulah alasan kenapa sebaiknya kita menanam tumbuhan di rumah.


"Tumbuhan juga dapat mengajari kita satu atau dua hal tentang empati," kata Weatherspoon, dilansir Healthline.


Menurut Texas Agriculture & Medicine University, orang yang menghabiskan waktu merawat alam lebih cenderung merawat orang lain. Serta merawat tanaman juga membantu meningkatkan kasih sayang dan hubungan.

"Menyentuh tanaman yang lembut dan halus juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang," tukas Weatherspoon.

Nah, berikut ini beberapa tumbuhan yang bisa jadi pertimbangan untuk Bunda tanam di kebun rumah, dilansir berbagai sumber.

1. Bonsai

Bonsai adalah salah satu tanaman hias yang bisa diletakkan di taman rumah, Bunda. Bentuknya yang mini tidak akan menghabiskan tempat, jadi sangat cocok untuk taman minimalis. Meski bisa hidup di tempat kering, bonsai harus rutin disiram agar tetap hidup. Selain itu, bonsai juga mesti diberi pupuk sebagai nutrisi.

2. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah jenis tanaman yang biasa ditemukan di halaman rumah. Lidah buaya juga terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa banyak, seperti untuk kesuburan rambut, kesehatan kulit, obat luka, bahkan bisa dikonsumsi. Nah, dengan menanam lidah buaya di pekarangan, Bunda bisa mendapatkan semua kebaikan yang ada dalam lidah buaya secara langsung. Selain itu, merawat lidah buaya juga tidak sulit, hanya perlu disiram secara rutin dan diberi pupuk.

3. Aglaonema

5 Tanaman yang Cocok Menghiasi Taman Minimalis di Rumah5 Tanaman yang Cocok Menghiasi Taman Minimalis di Rumah/ Foto: iStock


Aglaonema, atau lebih dikenal dengan Sri Rezeki dan Chinese Evergreen, adalah tanaman hias yang cukup populer dan menjadi favorit lho. Perpaduan warna antara hijau dan merah pada daunnya bisa mempercantik taman di rumah Bunda, serta menambah kesejukan dan ketenangan.

4. Kuping gajah

Kuping gajah, atau dikenal dengan nama ilmiah Anthurium crystallinum, termasuk salah satu tanaman hias yang cantik, Bunda. Daun yang berukuran besar dan berbentuk hati adalah daya tarik kuping gajah. Warna dominan hijau pada daun juga mampu menyejukkan mata.

Selain itu, menariknya kuping gajah karena tanaman ini bisa dirawat di dalam maupun luar ruangan. Nah, jika Bunda ingin menempatkan kuping gajah di taman rumah, jangan langsung di tempat yang terpapar sinar matahari karena bisa terbakar, sebaliknya, letakkan di dekat teras berkanopi.

5. Pandan

Tanaman pandan bisa jadi tanaman terbaik untuk halaman rumah karena banyak manfaat positif yang bisa dirasakan. Salah stau manfaat pandan adalah bisa mengusir serangga yang sering hinggap di halaman. Pandan juga bisa menjadi bumbu dapur, seperti pewangi atau pewarna bahan makanan alami. Pandan juga bisa jadi pengharum ruangan dan pembungkus makanan.

Bagaimana, Bunda, pilih tanaman apa nih untuk menghiasi taman minimalis di rumah?


Simak juga soal Kartika Putri melahirkan di rumah dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi