sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Penting dalam Menata Taman di Balkon Rumah Minimalis

Erni Meiliana Senin, 11 Jan 2021 04:00 WIB
Open glass door from a living room interior into a city garden on a sunny balcony with green plants and comfy furniture caption
Jakarta -

Jika di rumah minimalis Bunda terdapat balkon, tentu menarik bila dibuat menjadi taman kecil. Taman ini tak harus tampak rumit bahkan menghabiskan banyak uang. Cukup dibuat simpel saja yang penting Bunda nyaman.

"Taman harusnya menjadi ruang yang nyaman dan bisa digunakan untuk mencerminkan kebutuhan dan selera Anda," ujar Adam Frost, presenter Gardeners' World BBC TV yang juga pendiri konsultan desain taman internasional, dalam bukunya yang berjudul How to Create Your Garden: Ideas and Advice for Transforming Your Outdoor Space.

Menata taman di balkon rumah minimalis memang gampang-gampang susah. Tanaman hias yang akan diletakkan di taman balkon pun harus dipilih dengan baik, Bunda, karena tidak semua cocok dipajang di sana.


Bunda harus pula memperhatikan suhu, serta kira-kira sekencang apa angin yang bertiup di area balkon. Jika tanaman hiasnya tak cocok dengan kondisi balkon, bisa-bisa malah tidak tumbuh subur, Bunda.

Agar taman di balkon rumah minimalis Bunda dapat terwujud dengan baik, berikut ini tips penting yang bisa diterapkan, dikutip dari The Spruce.

1. Luas balkon

Luas balkon penting nih, buat pertimbangan. Namun walaupun balkon Bunda sempit, tetap bisa kok, dibuat menjadi area taman yang mini.

Supaya taman tetap cantik dan muat banyak tanaman hias, Bunda harus kreatif. Bunda bisa membuat taman vertikal dengan pengait khusus yang sudah tersedia di toko online maupun offline.

Lalu pilih tanaman hias yang dapat ditanam di pot kecil. Susun satu per satu tanaman hias itu di area dinding yang sudah diberi pengait.

2. Perhatikan Angin

Beberapa tanaman hias akan meringkuk dan mati jika terkena angin yang berlebihan. Sebenarnya semua tergantung tentang bagaimana memilih tanaman hias sesuai dengan lingkungan Bunda.

Ada cara untuk membuat penahan angin untuk melindungi tanaman hias yang rentan rapuh, yaitu dengan memajang tanaman hias yang lebih besar dan tahan angin di depannya. Bunda juga bisa meletakkan tanaman hias yang tidak bisa terkena angin berlebihan di pot kecil yang terlindung pembatas balkon.

Angin mengeringkan tanaman hias dengan sangat cepat, jadi jika daerah Bunda berangin, imbangi pula dengan memasang sistem irigasi tetes atau sering-sering menyiram. Mungkin Bunda bisa menyiramnya beberapa kali sehari di waktu pagi dan sore.

3. Perhatikan Suhu

Jika Bunda ingin membuat taman di balkon rumah minimalis, suhunya bisa menjadi sangat panas atau terlalu dingin kala hujan. Nah, enggak semua tanaman hias bisa tumbuh subur terkena sinar mentari yang terlalu panas dan lama.

Sebaiknya pertimbangkan hal ini saat Bunda merencanakan apa yang akan ditanam di taman balkon rumah minimalis. Misalnya, selada tidak akan tumbuh subur di tempat yang sangat panas.

Di sisi lain, tanaman hias sukulen menjadi ide yang bagus untuk diletakkan di taman balkon. Tanaman hias jenis ini lebih kuat dengan suhu yang panas.

Untuk tips lainnya, Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video rumah minimalis 4 lantai:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19
(kuy/kuy)
Tips Penting dalam Menata Taman di Balkon Rumah Minimalis
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi