sign up SIGN UP search


moms-life

Vino G Bastian Kenang Sosok Almarhumah Ibunda: Kuat Sekali

Annisa Karnesyia Selasa, 07 Jan 2020 18:29 WIB
Kepergian ibunda Vino G Bastian meninggalkan duka baginya dan keluarga. Vino mengenang sosok sang ibunda sebagai wanita kuat yang tidak pernah mengeluh sakit. caption
Jakarta - Ibu dari aktor kenamaan Vino G Bastian, Herna Deibby tutup usia. Herna meninggal dunia di usia 70 tahun pada Selasa (7/1/2020), pukul 01.30 WIB di RS Cipto Mangunkusumo.

Vino didampingi istrinya Marsha Timothy menjelaskan sakit sang ibu. Ia dan keluarga juga mengaku telah mengikhlaskan kepergiannya.


"Usianya 70 tahun memang sudah lama menderita sakit. Tapi memang orangnya kuat sekali, luar biasa perjuangannya. Sampai Allah menentukan pergi, kita semua ikhlas," kata Vino, InsertLive.


Sebelum meninggal, ibunda Vino memang telah sakit. Di akhir hayatnya, kondisi sang ibu sehat meskipun tidak sadar.

"Kena ginjalnya, terus paru-paru infeksi, tapi Alhamdulillah. justru ketika beliau mau menghadap Allah semuanya sehat walafiat, seperti enggak ada penyakit, tapi memang tidak sadar," ujar Vino.

Senada dengan sang suami, Marsha Timothy juga mengenang sosok ibu mertuanya sebagai wanita kuat. Selama sakit, ibu Vino tidak pernah mengeluh sakit.

"Sosok ibu yang luar biasa. Seperti Vino bilang, seorang perempuan yang sangat kuat, fighter tidak pernah mengeluh, menyusahkan anak-anaknya. Dia sakit pun sebisa mungkin tidak mau ngerepotin anak-anak," terang Marsha.

Vino G Bastian saat proses pemakaman sang ibuVino G Bastian saat proses pemakaman sang ibu/ Foto: Tangisan Vino Bastian di Pusaran Ibunda. Hanif/detikHOT

Kesedihan Vino memang terlihat jelas di proses pemakaman ibunya. Mengutip Mom Junction, bagi seorang anak laki-laki, sosok ibu memang memegang peranan yang penting dan dapat berpengaruh pada perilaku putranya.

Tidak ada yang dapat memahami seorang anak lebih baik daripada ibunya. Sejak dilahirkan hingga dewasa, seorang anak laki-laki akan memelihara ikatan yang kokoh dengan ibunya.

"Anak-anak yang memiliki ikatan yang buruk dengan ibunya, akan memiliki masalah perilaku saat dewasa," ujar Dr. Pasco Fearon, psikolog dari School of Psychology and Clinical Language Sciences, University of Reading.

Kehadiran ibu juga dapat mendukung emosional anak untuk mandiri. Studi yang diterbitkan dalam Child Development mengatakan, cinta dan penerimaan seorang ibu yang tanpa batas pada anaknya akan membuat si kecil tumbuh dicintai dan disukai banyak orang.

Simak juga cerita istri Indra Bekti, Aldila Jelita tentang ketegaran saat kehilangan anak, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi