sign up SIGN UP search


parenting

5 Manfaat Wortel untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 24 Oct 2019 15:33 WIB
Wortel punya banyak manfaat untuk si kecil, Bun. Apa saja ya? caption
Jakarta - Mengenalkan sayuran bisa dimulai saat bayi mulai makan, Bun. Salah satu jenis sayuran yang cocok adalah wortel.

Menurut ahli kesehatan Dr.Shyam Kumar, wortel adalah bagian integral dari bagan makanan bayi usia enam bulan. Kandungan nutrisinya bisa membantu melindungi si kecil dari penyakit.

"Wortel adalah bahan makanan padat pertama bayi yang sempurna. Teksturnya halus, rasanya manis, disertai nilai gizi yang tinggi, bermanfaat untuk kesehatan bayi," kata Kumar, dikutip dari Parent Circle.


Lalu apa saja manfaat wortel untuk bayi? Melansir dari Parenting Firstcry, berikut 5 manfaatnya, Bun.

1. Sel tubuh

Wortel mengandung sifat-sifat tertentu yang secara langsung memengaruhi mekanisme pertumbuhan sel. Wortel juga bisa mencegah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan membantu sel-sel dalam penyembuhan luka.

2. Fungsi hati

Jika bahan kimia beracun masuk ke tubuh, organ utama yang akan terpengaruh adalah hati. Wortel bukan hanya mendukung sel-sel tubuh terjaga dengan baik, tapi juga melindungi hati dari efek bahan kimia berbahaya.

Ilustrasi bayi sehatIlustrasi bayi sehat/ Foto: iStock

3. Kekebalan tubuh

Hal terpenting yang dibutuhkan bayi adalah sistem kekebalan tubuh yang kuat. Limfosit dan trombosit darah memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan konsumsi wortel secara teratur meningkatkan jumlah limfosit dan trombosit darah. Kemudian, sel darah ini membantu mengatur imunitas tubuh.

4. Sirkulasi darah

Sistem peredaran darah tidak hanya mengangkut oksigen melalui jantung dan pembuluh darah tetapi juga membantu membuang racun dari tubuh dari ginjal. Wortel mengandung flavonoid, yaitu zat gizi mikro.

Flavonoid secara langsung dapat meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal. Ginjal yang berfungsi dengan baik mampu menyaring racun di tubuh.

5. Penglihatan

Wortel mengandung vitamin A dan beta-karoten. Dua elemen ini bertugas untuk mengembangkan kesehatan mata.

Selain itu, vitamin A dan beta-karoten bisa memengaruhi pertumbuhan retina dan mempertahankannya dalam kondisi yang baik. Konsumsi wortel bisa membuat penglihatan jelas dan tajam.

Olahan wortel bisa dikreasikan menjadi makanan camilan yang sehat untuk anak. Simak resep lengkapnya di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi