Sign Up search


moms-life

Klinik Suntik Stem Cell Kemang Dicap Ilegal, Apa Sih Bahayanya?

Annisa Karnesyia Minggu, 12 Jan 2020 18:00 WIB
Klinik Suntik Stem Cell Kemang Dicap Ilegal, Apa Sih Bahayanya? caption
Jakarta - Klinik ilegal di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, dibongkar pihak kepolisian. Tempat ini diduga menawarkan jasa penyuntikan stem cell, Bunda.

Dari keterangan polisi, tiga orang diamankan, termasuk dokter dan manajer klinik. Dokter yang melakukan praktik dikatakan tidak punya kompetensi di bidangnya.


"Tersangka tiga orang, ada yang bertindak sebagai dokter hingga manajer," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto, dikutip dari detikcom.


Serum stem cell ini diketahui datang dari Jepang. Salah satu tersangka berperan menjemput stem cell di bandara.

Lalu apa sih suntik stem cell?

Suntik stem cell sebenarnya telah dikenal di dunia medis. Namun, banyak ahli yang memperingatkan bahaya tindakan ini.

Stem cell dipercaya bisa memperbaiki jaringan yang rusak. Tetapi beberapa ahli percaya jika ini hanya untuk mengobati beberapa kondisi tertentu. Misalnya, gangguan darah, cangkok kulit, dan perbaikan kornea mata yang rusak. Demikian mengutip BBC.

Ilustrasi perawatan kecantikanIlustrasi perawatan kecantikan/ Foto: iStock

Ada beberapa bukti mengatakan jika stem cell dapat membantu kondisi lain, seperti multiple sclerosis. Setelah uji klinis lengkap prosedur ini dapat dinyatakan aman, efektif, dan lebih baik daripada pengobatan lain. Namun, itu semua masih eksperimental.

Stem cell juga dipercaya bisa membuat wajah awet muda, Bunda. Dikatakan Dr. Michael Longaker, dari Stanford University Medical Center, stem cell memang menawarkan banyak manfaat, tapi sering disalahgunakan.


"Stem cell menawarkan potensi luar biasa, tetapi pasar dipenuhi dengan klaim yang tidak berdasar dan kadang-kadang menipu dan membuat pasien berisiko yang dapat menempatkan pasien pada risiko," katanya, dilansir CBS News.

Para ahli memperingatkan agar konsumen waspada terhadap iklan yang mempromosikan manfaat dari prosedur peremajaan kulit dengan stem cell. Klaim untuk prosedur facelift, augmentasi payudara, dan peremajaan vagina bukan hal yang mudah, tetapi juga berisiko.

Simak juga perawatan diri untuk wanita pasca melahirkan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi