sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Alami Mengusir Lalat dari Rumah, Mudah Diterapkan

Asri Ediyati Kamis, 16 Jan 2020 07:00 WIB
Lalat makin banyak masuk rumah sejak musim hujan. Hii, belum lagi yang bikin khawatir, lalat jadi vektor berbagai penyakit. Ini cara mengusirnya dengan alami. caption
Jakarta - Kondisi udara makin lembap saat musim hujan. Kondisi lingkungan seperti ini sangat baik untuk lalat berkembang biak. Jadi, jangan heran kalau lalat belakangan ini sering hinggap di dalam rumah.

Banyaknya lalat di rumah juga jangan dianggap sepele, Bunda. Lalat bisa menjadi vektor berbagai penyakit. Mengutip laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat termasuk infeksi enterik seperti disentri, diare, tipus, kolera dan infeksi cacing tertentu.


"Infeksi mata (seperti trachoma dan konjungtivitis epidemi), poliomielitis dan infeksi kulit tertentu (seperti frambusia, difteri kulit, beberapa mikosis dan kusta)" tulis WHO.


Hii, ngeri banget ya, Bunda? Untuk itu simak cara alami mengusir lalat dari rumah dikutip dari The Spruce.

1. Hilangkan sumber makanan lalat

Cobalah untuk melihat rumah Anda seperti seekor lalat melihatnya. Piring kotor di bak cuci, tempat sampah dan tempat sampah kompos, dan mangkuk makanan hewan yang setengah kosong semuanya mengundang sumber makanan bagi lalat.

Perlu dicatat, jangan lakukan sesekali saja. Agar rumah Bunda bebas lalat, biasakan melakukan pemeriksaan lalat mingguan (atau dua mingguan), mungkin pada hari pengumpulan sampah.

2. Rajin bersihkan kandang dan hewan peliharaan

Lalat bertelur 75 hingga 150 telur sekaligus, dan mereka lebih suka meletakkan telur itu di atas kotoran. Belum lagi, hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk menetaskan telur. Sangat penting untuk mengambil kotoran setelah hewan peliharaan BAB setiap hari, dan pastikan untuk menjaga kandang mereka tetap bersih.

3. Cari tahu bagaimana lalat masuk

Jika Bunda memiliki banyak lalat di rumah, maka perlu mencari tahu bagaimana mereka masuk. Periksa jendela apakah ada lubang. Terakhir, periksalah di sekitar pintu, dan lakukan penyesuaian atau penggantian yang diperlukan.
Ilustrasi lalatIlustrasi lalat/ Foto: iStock

4. Buat perangkap lalat

Membuat perangkap lalat adalah untuk memancing lalat menjauh dari teras. Bunda bisa menggunakan botol plastik kosong sebagai perangkap.

5. Buat FlyPaper

Ambil beberapa flypaper di toko, pesan online, atau buat flypaper sendiri di rumah. Cukup gantung flypaper, lalat akan terbang dan menempel di flypaper.

6. Gunakan tanaman pengusir lalat

Lalat tak suka terhadap herbal seperti lavender, mint, serai, dan basil. Bunda dapat memajang tanaman ini di sekitar rumah, atau tempelkan di pot bunga yang diposisikan di depan dan belakang pintu.


7. Membuat semprotan anti lalat

Jika punya minyak esensial yang tidak disukai lalat (termasuk lavender, cengkeh, mint, serai, dan basil), Bunda bisa gunakan untuk membuat semprotan anti lalat sendiri.

Untuk mencampur, cukup isi botol semprot dengan air dan tambahkan minyak esensial yang cukup untuk menambah aroma. Kemudian, semprotkan di dapur dan di sekitar pintu untuk mencegah lalat keluar masuk. Bunda harus menyemprot ulang secara teratur untuk mempertahankan efeknya.

Simak juga video tentang cara cegah lalat masuk rumah:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi