parenting

5 Bahan Alami Pengusir Nyamuk agar Anak Tidur Nyenyak

Muhayati Faridatun Minggu, 12 Jan 2020 16:02 WIB
5 Bahan Alami Pengusir Nyamuk agar Anak Tidur Nyenyak
Jakarta - Si kecil enggak bisa tidur nyenyak gara-gara di rumah banyak nyamuk? Bunda pasti ikut terganggu ya jam tidurnya. Coba yuk lima bahan alami berikut ini untuk mengusir nyamuk.

Saat musim hujan datang memang biasanya di rumah jadi banyak nyamuk ya, Bunda. Apalagi kalau malam hari bisa mengganggu tidur si kecil. Lagi lelap, tiba-tiba terbangun bahkan sampai menangis karena gigitan nyamuk.


Dikutip dari Parents, reaksi terhadap sengatan atau gigitan serangga berbeda-beda tiap individu. Ini tergantung beberapa faktor yakni lokasi gigitan, racun atau iritasi yang disengatkan, berapa banyak gigitan, dan seberapa kuat reaksi si kecil.


Dijelaskan juga dalam ulasan berjudul Treatment for Insect Stings and Bites tersebut, tidak semua anak memiliki reaksi setelah digigit nyamuk atau serangga lain, sementara ada anak yang mengalami pembengkakan di lokasi gigitan.

"Biasanya, sengatan atau gigitan menimbulkan reaksi lokal yang cepat, dengan tanda-tanda peradangan seperti pembengkakan, gatal, dan nyeri," demikian diterangkan dalam artikel tersebut.

Ilustrasi bahan alami pengusir nyamuk agar anak tidur nyenyakIlustrasi bahan alami pengusir nyamuk agar anak tidur nyenyak/ Foto: iStock
Kadang, ada juga tanda-tanda reaksi yang timbul setelah beberapa waktu yakni demam, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri sendi, atau ruam seperti gatal-gatal. Dokter anak di MemorialCare Medical Group, California, Amerika Serikat, Trung Tristan Truong, M.D., menyarankan agar mengatasi rasa sakit gigitan serangga dengan cepat.

"Bersihkan gigitan secepat mungkin dengan sabun dan air untuk menghilangkan sisa air liur nyamuk. Lalu oleskan krim atau salep hidrokortison untuk mengurangi gatal dan peradangan," jelas Truong.

Ia menambahkan, kalau si kecil menggaruk di tempat gigitan karena gatal, hingga kulitnya terbuka atau mulai berdarah, bersihkan area tersebut, oleskan salep antibiotik, dan tutup dengan perban.

Nah, untuk mengusir nyamuk di rumah, Bunda bisa gunakan lima bahan alami berikut, dikutip dari detikcom:

1. Serai

Ekstrak dan minyak esensial dari serai, atau minyak sereh, bisa Bunda gunakan untuk mengusir nyamuk. Enggak heran kalau lilin aromaterapi atau lotion antinyamuk menggunakan serai untuk bahan utama.

2. Peppermint

Diketahui, peppermint mengandung minyak yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk di rumah Bunda. Selain itu, daun peppermint bisa digunakan juga sebagai rasa pada teh atau permen.

3. Lavender

Aroma wangi lavender memang disukai manusia, tapi lain halnya dengan nyamuk yang sangat terganggu dengan aroma lavender. Untuk mengusir nyamuk, disarankan lavender jenis lavandin yang memiliki kandungan camphor yang sangat tinggi. Selain mengusir nyamuk, lavender juga bermanfaat untuk mengusir lalat dan rayap.


4. Rosemary

Biasanya, rosemary digunakan untuk bumbu masak. Tapi ternyata, tanaman ini juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk atau serangga lain yang biasa berkeliaran di rumah. Caranya, bakar rosemary hingga menghasilkan aroma wangi yang tidak disukai nyamuk.

5. Bawang putih

Sama seperti rosemary, bawang putih yang biasanya untuk bumbu masak juga bisa Bunda manfaatkan untuk mengusir nyamuk. Aroma bawang putih yang menyengat tidak disukai nyamuk. Caranya, geprek bawang putih dan tambahkan sedikit air, lalu peras dan oleskan cairan ke kulit untuk mengusir nyamuk.

Bunda, simak juga ciri-ciri nyamuk berdarah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi