sign up SIGN UP search


moms-life

Pentingnya Mengganti Celana Dalam Usai Bercinta

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 25 Jan 2020 20:32 WIB
Bunda, setelah berhubungan seksual di sarankan untuk mengganti celana dalam. Ada bahaya yang mengintai kesehatan area intim jika mengenakan celana yang lama. caption
Jakarta - Menjaga kebersihan area intim penting dilakukan setiap orang. Terutama bagi Bunda yang baru selesai 'ehem' bareng Ayah nih.

Hal itu harus menjadi perhatian agar tak terinfeksi bakteri serius, Bun. Dr Allison Hill dan Dr Yvonne Bohn, obgyn di Los Angeles mengatakan bahwa memerhatikan kebersihan area intim saat Bunda aktif secara seksual sangatlah penting.


"Pelumas alami Bunda serta sperma dari pasangan dapat mengubah keseimbangan pH vagina yang dapat membuat infeksi, seperti infeksi jamur atau infeksi saluran kemih," ujar mereka dikutip dari Insider.


Dipaparkan lebih lanjut bahwa pergi ke kamar mandi sebelum dan sesudah berhubungan seks sangatlah penting. Dr Hill dan Dr Bohn mengatakan bahwa mengosongkan kandung kemih setelah hubungan intim dapat mengeluarkan bakteri yang telah didorong ke dalam uretra saat berhubungan seks. Jika dibiarkan di sana dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Pentingnya Mengganti Celana Dalam Usai BercintaPentingnya mengganti celana dalam usai bercinta/Foto: iStock

Melansir The Health Inside, membersihkan diri setelah berhubungan seks tidak hanya fokus pada membilas area vagina dengan air, serta buang air kecil saja, Bun.

Satu yang tak kalah penting, Bunda juga perlu membersihkan miss dengan cara yang tepat. Siram air dan gosok dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Ini untuk mencegah kotoran dan bakteri penyebab penyakit lainnya memasuki vagina atau uretra.

Selain itu, pastikan Bunda mengganti celana dalam usai berhubungan seks. Ingat ya, Bun, jangan tidur menggunakan celana dalam yang sama sebelum berhubungan seks.


Sebab, celana dalam kemungkinan memiliki beberapa kotoran di dalamnya. Seperti cairan dari penis atau vagina yang kerap tumpah ke celana dalam dimana dapat mendatangkan risiko infeksi. Untuk itu, saran terbaik ialah mengenakan celana dalam baru.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk penjelasan mengapa pembalut sebabkan gatal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!