Sign Up search


kehamilan

Menghitung Seberapa Besar Peluang Hamil Setelah Berhubungan Seks

Siti Hafadzoh Rabu, 22 Jan 2020 11:00 WIB
Menghitung Seberapa Besar Peluang Hamil Setelah Berhubungan Seks caption
Jakarta - Ada beberapa wanita yang bisa cepat hamil setelah beberapa kali melakukan hubungan seksual. Tapi, ada pula yang masih harus menunggu selama berbulan-bulan untuk hamil. Bagaimana sebenarnya peluang hamil setelah berhubungan seks?

Bagi beberapa perempuan, kehamilan merupakan hal yang sulit didapatkan. Bahkan ketika berhubungan seks di saat ovulasi. Ketika ovulasi, sel telur hanya bisa bertahan selama 24 jam.


"Bahkan jika Anda melakukan hubungan seks pada hari yang tepat di bulan itu, peluangnya hanya 20 persen," ujar dokter kandungan, Maureen Whelihan M.D., dikutip dari Self.


Sebenarnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi kesempatan Bunda bisa lebih cepat hamil dibanding wanita lain. Seorang profesor kebidanan dan ginekologis bernama Lauren Streicher, M.D., wanita yang menstruasinya teratur punya peluang hamil lebih mudah.

Menstruasi teratur yang dimaksud adalah jumlah hari menstruasinya konsisten di setiap bulan. Memiliki gejala PMS seperti payudara sakit dan kram sebelum menstruasi adalah salah satu tanda bahwa siklus menstruasi teratur.

Menghitung Seberapa Besar Peluang Hamil Setelah Berhubungan SeksIlustrasi hamil/ Foto: iStock

Selain itu, usia juga mempengaruhi mudah atau tidaknya Bunda untuk hamil. Ada perbedaan antara wanita di atas usia 35 tahun dengan di bawah 35 tahun.

Wanita di atas usia 35 tahun disarankan untuk mendeteksi waktu ovulasi mereka. Kalau dalam waktu empat bulan ovulasi belum teratur atau belum hamil, mereka harus berkonsultasi dengan dokter.

Sedangkan, wanita di bawah usia 35 tahun disarankan untuk menunggu dan mencoba sampai satu tahun. Setelah satu tahun belum hamil juga, baru bicarakan dengan dokter kandungan.

Lalu berapa lama tanda hamil setelah berhubungan seks bisa dideteksi? Beberapa wanita mengklaim bahwa mereka bisa merasakan kehamilan beberapa menit setelah berhubungan seks.


Namun, ini adalah hal yang tidak mungkin, Bun. Dilansir Very Well Family, gejala kehamilan akan muncul ketika implantasi dan itu tidak akan terjadi selama 7-10 hari. Butuh waktu bagi sel telur yang telah dibuahi untuk menempel di dinding rahim.

Jadi, setelah berhubungan seks, Bunda perlu menunggu untuk mengetahui tanda-tanda hamil. Perlu diingat, cepat hamil atau tidak itu berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lain, Bun.

Bunda, simak penjelasan bolehkah ibu hamil makan nanas berikut ini. 

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi