Sign Up search


moms-life

15 Bahan Alami Ampuh Obati Sakit Gigi

Annisa Karnesyia Rabu, 12 Feb 2020 06:59 WIB
15 Bahan Alami Ampuh Obati Sakit Gigi caption
Jakarta - Sakit gigi bukan cuma menyakitkan, tapi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tidak segera diatasi, kita bisa kehilangan fokus, Bunda.

Dokter gigi di Columbus, Ohio, Matthew Messina, DDS, mengatakan penyebab sakit gigi itu banyak. Tapi, untuk mengetahuinya dengan jelas harus diperiksa ke dokter gigi.


"Rasa sakit di gigi seharusnya tidak terjadi. Jika ada sesuatu di mulut yang terasa tidak benar, segera temui dokter gigi untuk memeriksanya," kata Messina, dikutip dari Health.


Mengabaikan rasa sakit hanya memberi waktu lebih lama untuk mengetahui penyebabnya, Bunda. Lebih baik segera diobati sebelum menjadi masalah serius.

"Sakit gigi yang tidak diobati pada akhirnya bisa membuat kita kehilangan gigi," ujar prostodontis Mazen Natour, DMD.

Selain minum obat-obatan medis, Bunda juga bisa mengatasi sakit gigi dengan bahan alami. Dilansir berbagai sumber, berikut 15 bahan alami untuk atasi sakit gigi:

1. Air garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah pengobatan pertama yang efektif. Air garam adalah desinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi.

Mengobati sakit gigi dengan air garam dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Bunda bisa campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Hidrogen peroksida

Berkumur dengan cairan hidrogen peroksida juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan menyembuhkan pendarahan gusi.

Pastikan Bunda mencairkan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan ini, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air dan gunakan sebagai obat kumur. Ingat ya, cairan jangan ditelan.

3. Kompres dingin

Kompres dingin bisa menghilangkan rasa sakit secara alami, terutama sakit gigi. Ketika Bunda menggunakan kompres dingin, ini dapat menyebabkan pembuluh darah di daerah itu mengerut. Sehingga mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan.

Pegang kantong es yang dibungkus handuk ke area yang terkena selama 20 menit. Kita dapat mengulanginya setiap beberapa jam sekali.

Ilustrasi sakit gigiIlustrasi sakit gigi/ Foto: Dok. iStock

4. Kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Untuk memulainya, biarkan kantong teh bekas menjadi dingin sebelum mengaplikasikannya ke area yang sakit.

Bisa juga gunakan kantong teh bekas yang dimasukkan ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkan, kemudian letakkan kantong itu ke gigi.

5. Bawang putih

Bawang putih telah dikenal karena khasiatnya. Tidak hanya itu, bawang putih juga dapat membunuh bakteri berbahaya, sekaligus bakteri penyebab plak gigi, dan pereda nyeri.

Untuk menggunakannya, cukup hancurkan bawang putih dan oleskan ke daerah yang sakit. Bisa juga ditambahkan sedikit garam atau mengunyah langsung satu siung bawang putih.

6. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Kandungannya juga sumber antioksidan yang terbukti sebagai penyembuh efektif.

Bunda dapat ambil sedikit ekstrak vanilla ke kapas. Langsung saja taruh ke daerah yang sakit beberapa kali sehari.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun ini juga menjadi sumber antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakan ini, Bunda bisa kunyah daun jambu biji segar atau campur daun jambu biji yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk dijadikan obat kumur.

8. Minyak cengkeh

Cengkeh telah dipercaya untuk mengobati sakit gigi karena kandungannya secara efektif dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas dan aplikasikan ke gigi yang sakit. Boleh juga mencampur minyak cengkeh dengan beberapa tetes minyak zaitun, atau air. Lakukan ini beberapa kali sehari.

9. Activated charcoal

Activated charcoal atau arang aktif adalah zat yang berasal dari karbon. Ini tersedia di sebagian besar toko makanan kesehatan dalam bentuk bubuk atau dicampur dengan air untuk membentuk pasta. Bahan ini umumnya digunakan di rumah sakit sebagai pengobatan untuk keracunan, karena menghentikan lambung untuk menyerap bahan kimia.

Beberapa orang juga mengklaim bahwa activated charcoal dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Campur activated charcoal dengan air sampai berubah menjadi pasta. Oleskan ke kain kasa dan aplikasikan ke gigi yang sakit.

10. Air cuka

Di beberapa negara, air cuka bisa mengatasi sakit gigi. Cukup siapkan sepotong kecil kertas cokelat yang direndam dalam cuka, lalu taburi dengan lada hitam.

Cara kerjanya seperti kompres di pipi, Bun. Sensasi hangat di pipi bisa mengurangi rasa sakit gigi.

11. Minyak daun tyme

Thyme memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat. Bahan ini dipercaya dapat membantu mengobati sakit gigi.

Untuk menggunakan ini, oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke kapas. Setelah itu, oleskan ke daerah yang terkena. Bunda juga bisa menambahkan setetes minyak ke dalam segelas kecil air dan dibuat obat kumur.

Ilustrasi jaheIlustrasi jahe/ Foto: Istimewa

12. Jahe

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari jahe. Hanya mengunyah satu jahe saja akan bisa mengurangi atau menghilangkan sakit gigi.

Jahe segar mengandung bahan aktif yang dapat membantu mengurangi bakteri di mulut. Mengunyah jahe mentah dapat membantu menghentikan infeksi dan mengurangi rasa sakit karena menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain dikunyah, Bunda dapat menambahkan jahe ke makanan.

13. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu obat herbal paling efektif karena dapat digunakan dengan berbagai cara. Kunyit mengandung bahan aktif yang dikenal sebagai curcumin. Ini adalah antiseptik, antibakteri dan analgesik.

Untuk menggunakannya, Bunda hanya perlu menyiapkan satu sendok teh kunyit dan beberapa tetes air. Buat pasta kunyit dan letakkan di atas kapas. Oleskan ini langsung ke gigi yang sakit.

14. Baking soda

Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan pembengkakan. Sifat antibakterinya juga membantu dalam mengobati infeksi gigi atau gusi yang sakit.

Basahkan kapas dengan air dan tutupi dengan baking soda. Langsung aplikasikan kapas pada gigi yang sakit.

Kita juga bisa mencampur satu sendok teh baking soda dengan sedikit air hangat. Lalu gunakan sebagai obat kumur.


15. Bawang merah

Bawang merah dapat mengurangi rasa sakit di gigi. Bawang merah tidak hanya meringankan rasa sakit, tetapi juga akan membunuh kuman yang menyebabkan rasa sakit.

Aplikasikan bawang merah mentah langsung pada gigi yang sakit dan biarkan beberapa menit. Cara ini bisa digunakan tiga hingga empat kali sehari.

Simak juga penjelasan ahli tentang bawang putih sebagai obat sakit gigi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi