Sign Up search


moms-life

5 Jenis Cokelat untuk Hadiah Manis di Hari Valentine

Yuni Ayu Amida Minggu, 09 Feb 2020 13:06 WIB
5 Jenis Cokelat untuk Hadiah Manis di Hari Valentine caption
Jakarta - Pada Hari Valentine, cokelat adalah sesuatu yang pastinya tidak asing lagi, Bunda. Cokelat kerap menjadi hadiah di hari kasih sayang 14 Februari ini. Nah, cokelat sendiri ada banyak jenisnya lho.

Salah satu penulis The Serotonin Power Diet: Eat Carbs, Judith J. Wurtman, Ph.D., mengatakan, cokelat memiliki keunikan karena kemampuannya untuk memuaskan selera dan sensasi di mulut. Bahkan orang yang makan cokelat kerap menunjukkan ekspresi kebahagiaan.


"Ada banyak bukti bahwa makanan tinggi lemak seperti cokelat memberikan efek anestesi pada emosi," ujar Wurtman, dikutip dari Psychology Today.


Lebih lanjut, Wurtman mengatakan, manfaat cokelat yang bisa membuat orang merasa jadi lebih bahagia ketika memakannya ini membuat cokelat jadi pilihan terbaik untuk jadi hadiah di Hari Valentine. Tak hanya untuk hadiah kencan, cokelat juga bisa dikonsumsi sendiri saat hati sedang sedih.

"Jadi sepertinya jelas mengapa cokelat adalah pendamping pilihan, jika seseorang sendirian di Hari Valentine," kata Wurtman.

Tapi, memang tidak ada salahnya untuk memberikan cokelat pada orang terkasih di Hari Valentine. Berikut ini jenis-jenis cokelat yang bisa jadi pilihan, Bunda, dilansir berbagai sumber.

1. Dark chocolate

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung kakao sekitar 30 hingga 80 persen. Dark chocolate memiliki warna yang lebih gelap dari warna cokelat lainnya. Meskipun rasanya terkesan pahit dibanding cokelat dengan campuran susu, tapi cokelat hitam punya tempat sendiri di hati pecinta cokelat sejati yang tidak terlalu gemar rasa manis.

2. White chocolate

5 Jenis Cokelat untuk Hadiah Manis di Hari Valentine5 Jenis Cokelat untuk Hadiah Manis di Hari Valentine/ Foto: iStock


White Chocolate atau cokelat putih terbuat dari lemak kakao murni sekitar 20 persen, dan diberi bahan tambahan seperti gula, susu, vanilla, dan lesitin. Bahan-bahan ini membuat cokelat putih beraroma vanila yang manis.

Cokelat putih itu unik karena tidak mengandung padatan kakao. Inilah yang membuatnya memiliki warna krem atau gading, dan tidak cokelat. Cokelat putih juga dominan dengan rasa yang manis. Tentu ini akan sangat sempurna untuk jadi hadiah manis di Hari Valentine.

3. Milk chocolate

Olahan cokelat batangan yang biasanya Bunda temukan di supermarket tergolong dalam milk chocolate atau cokelat susu. Cokelat susu mengandung minimum 10 persen cokelat cair dan sekitar 12 persen susu. Sedangkan milk chocolate yang kualitasnya lebih baik biasanya mengandung kakao lebih tinggi, sekitar 30 sampai 40 persen.

Biasanya, milk chocolate ada tambahan gula dan vanila, untuk hasil lebih manis. Itu sebabnya milk chocolate cocok untuk dimakan langsung dan jadi hadiah di Hari Valentine.

4. Matcha chocolate

Chocolate dengan warna hijau ini sangat cocok untuk mereka yang gemar rasa matcha atau teh hijau Jepang. Rasa matcha yang manis dengan sedikit sentuhan pahit dan juga mint bisa menenangkan. Merk-merk cokelat ternama juga sudah punya varian rasa matcha, yang tentunya bisa Bunda beli untuk jadi hadiah di Hari Valentine.

5. Fruity

Cokelat jenis ini menggabungkan dark chocolate dan beberapa varian rasa buah seperti mangga, cherry, dan raspberry. Rasa buah yang menempel di cokelat ini akan sensasi menarik di lidah. Gabungan rasa manis buah dengan pahitnya dark chocolate merupakan perpaduan sempurna untuk mereka yang suka pahit dan manis.



Simak juga tips menghias makanan agar menarik dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi