Sign Up search


moms-life

Tips Menata Balkon Rumah Minimalis agar Sejuk & Ramah Anak

Yuni Ayu Amida Selasa, 11 Feb 2020 18:03 WIB
Tips Menata Balkon Rumah Minimalis agar Sejuk & Ramah Anak caption
Jakarta - Balkon adalah bagian tambahan dari rumah. Jika menata balkon dalam bangunan rumah minimalis dengan tepat, maka akan membuat hunian semakin nyaman.

Menurut penulis buku The Balcony Gardener, Isabelle Palmer, sebuah balkon memiliki dampak besar sebagai perluasan ruang dalam ruangan. Itu sebabnya, Bunda dan Ayah penting untuk memastikan lagi akan difungsikan sebagai apa balkon tersebut.


"Untuk balkon yang sedikit lebih besar, mungkin bisa menjadi tempat duduk untuk menikmati waktu di bawah sinar matahari dengan secangkir kopi dan buku," ujar Palmer, dilansir Gardenista.


Lebih lanjut, Palmer mengatakan, memiliki ruang kecil mengharuskan kita berpikir kreatif dan efisien, serta bijaksana untuk punya gagasan yang jelas tentang apa yang diinginkan, sebelum mulai menatanya. Misal, ketika ingin menambahkan tanaman di balkon, mulailah dengan tanaman kecil dan sedikit.

"Jangan merusak niat dengan memulai terlalu besar karena terlalu banyak pemeliharaan dapat membuat kewalahan. Sebaliknya, mulailah dengan beberapa tanaman yang membutuhkan perawatan minimal," tukasnya.

Nah, jika Bunda ingin menata balkon di rumah agar sejuk dan ramah anak, bisa ikuti tips berikut seperti dilansir berbagai sumber.

1. Gunakan railing yang aman untuk anak

Tinggi railing pada balkon bangunan dua lantai minimal 90 cm. Jika menggunakan bahan dasar besi, hindari desain garis horizontal karena mudah dipanjat anak-anak, jadi tidak aman. Disarankan untuk menggunakan desain garis vertikal dengan jarak lubang yang cukup rapat.

2. Letakkan pot tanaman di tepian balkon

Tips Menata Balkon Rumah Minimalis agar Sejuk & Ramah AnakTips Menata Balkon Rumah Minimalis agar Sejuk & Ramah Anak/ Foto: iStock


Letakkan beberapa pot tanaman di railing atau tepian balkon. Selain untuk mempercantik tampilan balkon, pot tanaman yang tentunya diisi dengan berbagai jenis tanaman ini akan membuat suasana balkon jadi sejuk. Keberadaan pot tanaman di tepian balkon juga bisa jadi cara untuk mencegah anak agar tidak memanjat pagar balkon.

Pastikan pot tanaman yang ditempatkan di balkon memiliki bobot ringan, sehingga pinggiran balkon tidak akan terlalu terbebani dalam menahan pot. Bunda juga bisa memilih pot gantung dan tanam tumbuhan menjalar atau tumbuhan yang tumbuhnya menjuntai ke bawah.

3. Hias dengan berbagai tanaman

Untuk memberi kesan agar balkon terlihat lebih hidup, Bunda bisa menanam berbagai macam tanaman, mulai dari bunga, sayuran, tanaman hias, atau tanaman obat. Namun perlu dipastikan juga ukuran balkonnya. Terlalu banyak tanaman takutnya malah membuat balkon jadi terlalu ramai.

4. Tidak menggunakan lebih dari tiga warna

Gunakan tidak lebih dari tiga warna, dengan hijau sebagai warna utama untuk tujuan kesejukan. Penggunaan terlalu banyak warna membuat balkon tampak tidak minimalis. Misalnya, Bunda ingin menanam tanaman, sebaiknya carilah tanaman dengan tone warna senada.

5. Tempatkan furnitur

Jika balkon rumah minimalis Bunda cukup luas, tidak ada salahnya untuk menempatkan beberapa furnitur untuk bersantai, seperti kursi atau meja kecil. Pilihlah furnitur yang sesuai dan atur posisinya sebaik mungkin. Bunda juga bisa menambahkan tirai yang dibutuhkan untuk menghalangi cahaya matahari ketika terlalu silau atau panas.


Simak juga resep diet dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi