sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Jitu Menata Ruangan Rumah Minimalis, Penting Bun

Vauri Audia Senin, 07 Jun 2021 03:02 WIB
Modern interior cozy kitchen, dining room, white furniture, lamps, wooden table, red wine, glasses. Concept decor, design, advert, credit, mortgage, house for young family, magazine cover caption

Hunian yang  mungil paling pas didesain dengan konsep rumah minimalis. Konsep tersebut akan memaksimalkan ruang meskipun realitanya luas lahan yang ada sangat terbatas.

Bagi pemilik rumah minimalis dengan lahan terbatas, hal yang menjadi masalah adalah bagaimana menata rumah kecil itu menjadi hunian yang nyaman, serta mampu memenuhi kebutuhan ruang beraktivitas maupun beristirahat bagi penghuninya

Dikutip dari sumber The Spruce, berikut cara menata rumah minimalis agar terlihat sehat, lapang dan nyaman bagi penghuninya.


1. Pertimbangkan Ukuran dan Denah Ruangan dengan Hati-hati

Ukuran dan denah ruangan amat penting, sebab ini merupakan representasi desain rumah yang hendak dibangun, termasuk juga sisa tanah untuk pengembangan jika ada.

Luas masing-masing ruang, tata letak, serta jumlah lantai menjadi satu kesatuan desain yang harus dipertimbangkan sejak awal agar semuanya tepat guna, Bunda. Jika Bunda menggunakan jasa arsitek, tentu ini bukan masalah.

Banner Raeni

2. Ciptakan Ruang Penyimpanan Tersembunyi

Bunda bisa menyimpan barang-barang yang jarang terpakai ke dalam rak penyimpanan tersembunyi. Tujuannya adalah meminimalisir pandangan yang tak sedap akibat tata letak furnitur yang berantakan.

Bunda bisa pilih kabinet penyimpanan yang multifungsi pada salah satu sisinya, yang bisa menampung peralatan atau furnitur di sudut ruang yang tak mudah terlihat oleh mata.

3. Jangan Remehkan Area Terbuka

Tentunya konsep rumah minimalis juga menawarkan kesegaran dan ketenangan bagi pemiliknya. Oleh karena itu, buatlah area terbuka di dalam rumah jika memungkinkan.

Jangan pernah remehkan manfaat dari taman kecil di belakang rumah, ataupun balkon mini yang dihiasi aneka tumbuhan. Itu semua mampu memberikan efek relaksasi, serta meningkatkan inspirasi dan motivasi bagi penghuninya.

4. Pastikan Ruangan Terang

Punya ruangan yang sempit, bukan berarti harus terlihat gelap dan muram. Bunda tetap bisa menghadirkan ruangan yang nyaman dan tenang meski tinggal di rumah dengan luas yang terbatas.

Pilihlah warna-warna terang monokrom, seperti putih, krem atau abu-abu untuk diaplikasikan pada sebagian besar dinding. Selain itu, ciptakan rumah minimalis dengan jendela besar di beberapa ruangan supaya mendapat pencahayaan alami dari sinar matahari.

Untuk tips lainnya, klik halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga inspirasi warna cat kamar bayi untuk rumah minimalis, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KENALI POTENSI RUANGAN DAN PILIH FURNITUR YANG TEPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi