Sign Up search


moms-life

5 Tips Cegah Ketombe dan Rambut Rontok bagi Bunda Pemakai Hijab

Kinan Rabu, 12 Feb 2020 15:00 WIB
5 Tips Cegah Ketombe dan Rambut Rontok bagi Bunda Pemakai Hijab Ilustrasi cegah ketombe saat berhijab/ Foto: Istock
Jakarta - Saat menggunakan hijab, kulit kepala dan rambut akan selalu tertutup bahkan sampai seharian. Jika kebersihan tidak dijaga, hati-hati rambut bisa mudah rontok dan berketombe, Bun.

Dikutip dari Halalzilla, ada beberapa tips untuk menjaga kebersihan rambut agar bebas dari ketombe serta rontok bagi pemakai hijab:




1. Biarkan rambut 'bernapas'

Segera setelah sampai di rumah, biarkan rambut istirahat ya, Bun. Buka ikat kunciran sehingga rambut dan kulit kepala Bunda bisa 'bernapas'. Apabila Bunda tetap harus mengenakan hijab di rumah, pastikan untuk memilih hijab berbahan sejuk dan longgar, ya.

2. Keramas secara teratur

Jarang keramas bisa membuat kulit kepala terasa gatal dan rambut jadi lepek, terutama saat cuaca sedang panas dan lembap. Jadi sebisa mungkin lakukan keramas secara rutin.

"Sebum dan kotoran di kulit kepala jika menumpuk bisa memicu ketombe. Keramas teratur pun dapat membantu mengurangi sebum dan mencegah ketombe. Jangan lupa juga bilas dengan bersih saat keramas," ujar Robert T. Brodell, MD, profesor dan ketua departemen dermatologi di University of Mississippi Medical Center, dilansir The Healthy.

ilustrasi cegah ketombe saat berhijabilustrasi cegah ketombe saat berhijab/ Foto: Thinkstock
3. Keringkan rambut sebelum mengenakan hijab

Saat sedang buru-buru, kadang hijab sudah dipakai padahal rambut masih basah. Hati-hati, Bun. Kebiasaan ini selain bisa memicu ketombe, juga bisa merusak akar rambut dan membuat rambut jadi lepek. Selain itu, pastikan juga Bunda mengikat rambut tidak terlalu kencang, ya.

4. Ganti dan cuci inner secara teratur

Sedia inner minimal dua buah supaya bisa dipakai bergantian. Penggunaan inner yang jarang diganti dan dicuci bisa membuat debu menumpuk dan bersentuhan langsung dengan rambut. Akibatnya, rambut pun jadi rentan berketombe.



5. Pilih hijab berbahan ringan dan lembut

Saat ini ada banyak pilihan bahan hijab, mulai dari satin, jersey, sampai voal. Agar sirkulasi udara di kulit kepala dan rambut tetap aman, pilih hijabĀ yang bahannya ringan dan lembut ya, Bun. Untuk sehari-hari, Bunda bisa memilih bahan voal. Jangan lupa juga untuk mencucinya setiap habis dipakai agar kebersihannya tetap terjaga.

Simak tips menyimpan hijab dengan Carabiner dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi