Sign Up search


moms-life

Tips Menata Rumah Minimalis, Hindari 7 Kesalahan Ini

Yuni Ayu Amida Jumat, 14 Feb 2020 11:15 WIB
Tips Menata Rumah Minimalis, Hindari 7 Kesalahan Ini caption
Jakarta - Memiliki hunian minimalis telah menjadi tren di zaman saat ini. Hanya saja, terkadang saat menata rumah minimalis ada kesalahan yang jarang kita sadari. Apa saja kesalahan tersebut?

Melansir dari Huffpost, minimalis adalah tentang keterbukaan, tidak berantakan, kesederhanaan, dan koneksi dengan tiap sudut ruangan. Untuk mencapai ini, kita harus bersih dan hati-hati dengan tidak menghalangi garis pandang ke jendela dan ruangan lain.


Ini artinya, tidak hanya soal pemilihan furnitur yang tepat untuk ruangan, namun juga tempat yang paling tepat untuk meletakkannya.


"Atur peletakannya sehingga ruangan memiliki keseimbangan visual dan titik fokus yang jelas," kata Mary Beth Fiedler, desainer khusus renovasi.

Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari saat menata rumah minimalis, dilansir berbagai sumber.

1. Menyimpan banyak barang

Ciri rumah minimalis adalah sederhana dan tidak terlalu banyak barang, Bunda. Sebaliknya, jika terlalu banyak barang yang disimpan, akan merusak dekorasi rumah minimalis. Apalagi jika diletakkan sembarangan.

Jadi sebaiknya, sortir barang-barang yang ingin disimpan tersebut. Pertimbangkan apa itu masih digunakan atau tidak. Jika memang tidak dipakai lagi, sebaiknya dibuang atau dijual saja.

2. Tidak memisahkan ruangan

Rumah minimalis memang memiliki lahan yang terbatas. Ini membuat kita biasanya menyatukan beberapa ruangan. Sebenarnya boleh-boleh saja, tetapi kadang hal ini menyebabkan ruangan terlihat berantakan atau tidak teratur.

Nah, agar dekorasi lebih rapi, sebaiknya pisahkan ruangan tersebut. Misalnya dengan menggunakan dinding pembatas yang tipis, tirai, atau lemari.

3. Pemilihan furnitur tidak tepat

Tips Menata Rumah Minimalis, Hindari 7 Kesalahan IniTips Menata Rumah Minimalis, Hindari 7 Kesalahan Ini/ Foto: iStock



Pemilihan perabot atau furnitur pada rumah minimalis adalah hal penting. Furnitur harus dipilih berdasarkan ukuran dan fungsi. Hindari membeli furnitur yang berukuran besar, karena ini akan membuat ruangan menjadi sempit.

Fungsi furnitur juga mesti jadi pertimbangan. Jika sekiranya tidak perlu, maka jangan dibeli, karena hanya akan memenuhi ruangan.

4. Meletakkan banyak pajangan dinding

Dekorasi dan pajangan dinding memang akan membuat rumah minimalis terlihat lebih menarik. Namun sayangnya, jika terlalu banyak menggantung pajangan di dinding, malah membuat rumah terlihat berantakan. Jadi, batasi jumlah pajangan di dinding.

5. Kurang pencahayaan

Tanpa pencahayaan yang baik, rumah minimalis akan terlihat sumpek, Bunda. Jadi pastikan ruangan di rumah terkena sinar matahari di siang hari. Serta diterangi lampu dengan pencahayaan yang baik pada malam hari.

6. Membiarkan kabel berantakan

Meski ini kesalahan kecil, namun membiarkan kabel-kabel barang elektronik tergeletak di lantai akan membuat rumah minimalis terlihat berantakan, Bunda. Sebaiknya, ketika sudah mengisi daya handphone, simpan charger di tempat semestinya. Selain itu, kabel-kebel lain bisa dirapikan dengan menggunakan pengikat kabel, dan letakkan di balik lemari, atau sudut yang tidak terlihat.

7. Kurang tempat penyimpanan

Rumah minimalis sering terlihat berantakan karena adanya barang-barang kecil yang berserakan. Barang-barang ini mungkin sering berserakan karena kita tidak punya tempat penyimpanan yang luas.

Pastikan ada banyak laci, rak, dan tempat penyimpanan di rumah. Manfaatkan furnitur yang multifungsi dengan banyak laci. Terlebih Bunda yang masih memiliki anak kecil dan punya banyak mainan.


Simak juga tips membuat mainan dari kain dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi