sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Penting Menata Rumah Minimalis dan Manfaatnya

Annisa Afani   |   Haibunda Selasa, 25 Feb 2020 13:57 WIB
Selain bisa menghemat biaya, menata rumah minimalis juga miliki beberapa manfaat. Tentu dengan pemilihan furnitur yang tepat. caption
Jakarta -
Pasangan milenial saat ini lebih menggemari desain rumah dengan gaya minimalis. Hal ini bukan hanya lebih menghemat biaya pembangunan, tapi desain rumah minimalis juga memberikan beberapa manfaat.

Untuk menciptakan rumah dengan gaya minimalis, tentunya memiliki tips sebagai panduan agar dapat memanfaatkan ruangan dengan maksimal. Berikut tips penting membangun rumah minimalis yang telah dirangkum dari beberapa sumber:


1. Minimalkan furnitur

Ruang minimalis tentunya hanya diisi dengan beberapa perabotan penting. Misal ruang tamu, yang hanya akan diisi sofa, meja, dan rak dengan barang-barang hiburan seperti buku, majalah, atau mainan. Selanjutnya tersedia televisi, beberapa lampu, atau bahkan bisa lebih sedikit dari yang disebutkan.


Menurut penulis buku Cozy Minimalist Home: More Style, Less Stuff, Myquillyn Smith, menciptakan rumah minimalis yang nyaman artinya kita sudah siap mengosongkan ruangan. Kalau ruangan kosong secara visual akan terlihat tenang, sedangkan ruangan penuh secara visual tampak ramai.

"Kamar perlahan-lahan semakin terlihat ramai saat menambahkan furnitur, aksesori, dan barang-barang. Semakin banyak barang yang di dalam ruangan, semakin banyak suara dihasilkan dan semakin terlihat ramai," kata Smith, dilansir Motherly.

2. Dekorasi

Rumah yang terlihat rapi dan lega sebenarnya justru terlihat menjadi monoton. Jadi, sebagai contohnya, daripada hanya membiarkan sebuah meja pada satu sisi rumah tanpa diisi apapun di atasnya, akan lebih bagus terlihat jika diletakkan satu vas sederhana dan beberapa bunga di dalamnya.

3. Mementingkan kualitas

Alih-alih memiliki banyak barang di rumah, alangkah lebih baik memilih salah satu yang benar-benar baik dan paling sering digunakan.

Nah selanjutnya, dikutip dari Zen Habits, seorang penulis bernama Leo Babauta berbagi manfaat rumah minimalis yang ia rasakan, yakni:


1. Mengurangi stres

Kita semua setuju ya, Bunda, rumah yang berantakan pasti bawaannya bikin emosi. Hal ini terjadi karena kita merasa stres karena penglihatan kita yang terganggu. Mengurangi barang-barang yang ada rumah bisa jadi solusi. Semakin sedikit barang, semakin minim rumah berantakan, maka semakin mengurangi stres juga.

2. Mudah dibersihkan

Babauta juga mengatakan bahwa rumah dengan banyak perabotan akan lebih sulit dibersihkan. Logikanya, semakin banyak perabotan yang ada dalam rumah, tentunya semakin banyak dan sering juga bagi Bunda untuk membersihkannya.

3. Menarik perhatian

Di dalam rumah minimalis tidak akan terlihat banyak barang. Tentunya hanya akan terlihat beberapa furnitur dengan dekorasi yang sederhana. Itulah yang sebagian orang menganggapnya menjadi pusat perhatian.

Berikut tips mengatur kamar dengan ide minimalis yang bisa bunda tonton:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!