sign up SIGN UP search

moms-life

7 Tips Menata Rumah Minimalis Tetap Rapi dan Nyaman

Yuni Ayu Amida Sabtu, 14 Dec 2019 16:42 WIB
Ingin menata rumah minimalis agar selalu rapi dan terasa nyaman? Simak panduan berikut. caption
Jakarta - Saat ini, memiliki rumah minimalis jadi daya tarik untuk sebagian besar orang, terlebih pasangan milenial. Salah satunya karena manata hunian minimalis bukan hal sulit.

Dikatakan seorang arsitek, Jennifer Tulley, rumah minimalis merupakan hunian yang dirancang dengan elemen atau struktur yang disederhanakan komponennya. Serta diberi tambahan efek atau desain pada keindahan dan bentuk, serta bahan yang digunakan.


"Desainnya harus jelas dan sederhana, tetapi tidak membosankan. Di sinilah penggunaan cahaya, bentuk, dan bahan-bahan yang indah sangat penting," tutur Tulley, dikutip dari Elle Decor.


Selain itu, kata Tulley, untuk menata rumah minimalis, bukan berarti menyingkirkan semua yang dianggap tidak diperlukan. Melainkan meluangkan waktu untuk mempertimbangkan gaya hidup seperti apa yang diinginkan. Tujuannya juga agar rumah tak terkesan berantakan.

Jika tertarik, Bunda simak yuk, tips menata rumah minimalis agar selalu rapi dan terasa nyaman, dilansir The Minimal Daily.

1. Menjaga segala sesuatu tetap rapi

Tetap rapi adalah tips paling penting untuk membuat ruangan minimalis. Ini juga merupakan cara termudah, tercepat, dan termurah.

Yang paling penting dalam membuat ruangan rapi adalah menyingkirkan hal-hal yang tidak digunakan lagi. Selain itu, menjaga ruangan tetap bersih dan rapi juga membantu menenangkan pikiran kita.

2. Gunakan sedikit warna

Cara mudah lain untuk mendapatkan tampilan ruangan minimalis dengan budget rendah adalah mengurangi jumlah warna. Hanya putih, warna-warna cerah atau warna-warna netral yang dipoles ke dinding.

Misalnya ruangan kamar, jika mungkin batasi warna kamar, gunakan hanya satu atau dua warna. Begitu juga untuk perabotannya seperti selimut, bantal dan lainnya. Kita juga bisa memilih warna gelap jika menginginkan tampilan yang lebih maskulin dan tetap minimalis.

3. Beri ruang kosong

7 Tips Menata Rumah Minimalis Tetap Rapi dan Nyaman7 Tips Menata Rumah Minimalis Tetap Rapi dan Nyaman /Foto: iStock


Ruang kosong di antara furnitur menambah kesan minimalis. Ini karena ruang kosong membuat ruangan tidak berantakan.

Cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak ruang adalah dengan meletakkan furnitur ke dinding atau sudut. Mendorong tempat tidur ke sudut akan menciptakan ruang baru. Hal lain yang bisa didorong ke dinding atau sudut adalah meja, dan lemari pakaian.

4. Miliki tempat penyimpanan barang

Tentunya kita tidak ingin melihat tumpukan pakaian kotor menyambut kita saat pulang kerja? Simpan cucian kotor di keranjang cucian dengan penutup. Selain itu, simpan juga barang-barang lain di laci dan lemari pakaian. Biasakan meletakkan buku catatan, pena, kertas di laci ketika tidak digunakan. Meja kosong yang bersih menjaga segala sesuatu jelas dan minimal.

Tempat lain yang baik untuk meletakkan barang-barang adalah kolong tempat tidur. Simpan barang-barang yang tidak benar-benar digunakan di dalam sebuah kotak, simpan di bawah tempat tidur.

Memiliki tempat penyimpanan adalah kunci ruangan minimalis. Jika mungkin, beli rak yang tinggi, yang dapat menyimpan barang. Rak yang tinggi tapi ramping akan membuat kita punya ruang kosong lebih luas.

5. Letakkan tanaman

Estetika minimalis tidak berarti dingin dan kosong. Ruangan harus selalu terasa hangat, alami dan nyaman. Menambahkan tanaman sederhana untuk melengkapi tampilan minimalis adalah salah satu kunci. Pilihlah tanaman-tamanan berukuran kecil tidak memakan ruangan dan sekiranya tidak butuh dana lebih untuk membelinya.

6. Minimalkan kabel

Ini adalah sesuatu yang mudah namun sering diabaikan. Saat ini, dengan setiap orang memiliki banyak gadget, ruangan cenderung dihiasi banyak kabel.

Hal yang mesti dilakukan adalah simpan kabel yang tidak dibutuhkan di dalam laci. Jika kita memiliki kabel ekstra panjang, gulung kelebihannya dan ikat dengan rapi.

Cara lain adalah dengan memilih gadget nirkabel. Hal-hal seperti mouse nirkabel, charger nirkabel, dan headphone tidak membutuhkan biaya banyak untuk dibeli.

7. Menjaga beberapa dinding kosong

Meskipun tidak ada yang salah dengan memasang wallpaper di dinding, ada baiknya membuat beberapa dinding kosong. Ini akan menambah tampilan ruangan tidak berantakan. Serta mengurangi penggunaan dana. Memiliki dinding berwarna polos juga bisa dimanfaat untuk jadi background jika ingin berfoto.


Simak juga tips membuat bahan mainan dari kain dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!